Antisipasi Musim Kemarau, Bupati Sumba Timur Minta Warga Manfaatkan Daerah DAS

Pemerintah Daerah telah mengarahkan untuk masyarakat di semua desa yang memiliki lahan di daerah DAS untuk membudidayakan tanaman pangan

Antisipasi Musim Kemarau, Bupati Sumba Timur Minta Warga Manfaatkan Daerah DAS
Pos Kupang.com/Maria Ani Toda
Bupati Sumba Timur, Gidion Mbilidjora, saat di ruang redaksi Kantor Pos kupang, Selasa (22/1/2019) 

Antisipasi Musim Kemarau, Bupati Sumba Timur Minta Warga Manfaatkan Daerah DAS

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU--Mengantipasi tidak terjadi kondisi rawan pangan bagi warga di Kabupaten Sumbs Timur, Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), bupati Sumba Timur Drs. Gidion Mbilijora, M.Si meminta kepada masyarakat yang memiliki lahan di pinggiran daerah aliran sungai (DAS) untuk membudidayakan berbagai jenis pangan.

Bupati Gidion menyampaikan itu ketika dikonfirmasi POS-KUPANG.COM, Rabu (31/7/2019).

Bupati Gidion mengatakan, Pemerintah Daerah telah mengarahkan untuk masyarakat di semua desa yang memiliki lahan di daerah DAS untuk membudidayakan tanaman pangan.

"Kita mengarahkan itu, bagi warga di setiap desa yang memiliki kahan yang berada di pinggiran DAS untuk tanam jagung, sayur-sayuran, dan tanaman lain sebagainya, dan tanam sebanyak-banyak,"ungkap bupati Gidion.

Bupati Gidion mengatakan, Pemda Sumba Timur juga sudah banyak memberikan suport dengan pompa air dan sebagainya untuk masyarakat demi mengambil air untuk menyiram tanaman budidaya mereka itu.

Selain itu, kata bupati Gidion pihaknya juga mengarahkan untuk masyarakat membudidayakan rumput laut, selain sebagai nelayan.

"Sekarang ada desa yang mulai budidayakan rumput laut. Budidaya rumput laut ini panennya sangat cepat satu setengah bulan sudah bisa panen karena kondisi laut kita sangat cocok untuk rumput laut,"ungkap bupati Gidion.

Teater Sako Jung SMAS St.John Maumere Paul Ingin Tampil di Mancanegara

Ini Yang Dilakukan Gubernur NTT, Viktor Laiskodat Saat Dapat Kunjungan dari DPRD Maluku

Bupati Gidion mengatakan, tujaan pihaknya mengarahkan itu, untuk mengantisipasi kemarau panjang, agar di musim kemarau kertersediaan pangan masyarakat khusus di daerah DAS dan pesisir pantai pangan masih tetap terjaga. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo)

 
 

Penulis: Robert Ropo
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved