Anggota DPRD TTS Dukung Rencana Pemprov NTT Tata Obyek Wisata Fatumnasi

Anggota DPRD Kabupaten TTS Dukung Rencana Pemprov NTT Tata Obyek Wisata Fatumnasi

Anggota DPRD TTS Dukung Rencana Pemprov NTT Tata Obyek Wisata Fatumnasi
POS-KUPANG.COM/Dion Kota
Keindahan obyek wisata bukit marmer Nausus 

Anggota DPRD Kabupaten TTS Dukung Rencana Pemprov NTT Tata Obyek Wisata Fatumnasi

POS-KUPANG.COM | SOE - Anggota DPRD Kabupaten TTS, Hendrik Babys mendukung niat Pemda Propinsi NTT untuk menata obyek wisata di Fatumnasi dan Mollo Utara.

Namun, di sisi lain dirinya menyayangkan hal tersebut karena langkah yang diambil Pemprov tersebut, merupakan bukti dari lambatnya Pemda Kabupaten TTS dalam menangkap potensi pariwisata fatumnasi dan. Mollo Utara.

BPJS Kesehatan Waingapu MoU Dengan Kejari Sumba Timur, Ini Tujuannya

Hingga saat ini Pemda TTS belum melakukan penataan dan pengembangan obyek wisata fatumnasi dan Mollo Utara. Akibatnya, para wisatawan yang datang berkunjung ke fatumnasi menikmati keindahan alam fatumnasi secara gratis.

"Memang selama ini obyek wisata Fatumnasi dan Mollo Utara belum dikelolah atau disentuh oleh pemerintah. Sehingga jika Pemda Provinsi ingin menata obyek wisata Fatumnasi kita dukung. Apa lagi pariwisata merupakan salah satu program unggulan Gubernur NTT," ungkap Hendrik.

PN Sumba Barat Tolak Gugatan Praperadilan Tersangka Alex Saba Kodi dan Rinto Danggaloma

Dia berharap, sebelum ditata Pemerintah Propinsi NTT, harus ada MoU terkait pengelolaan obyek wisata antara Pemda Propinsi dan Kabupaten TTS.

Hal ini dimaksudkan agar Pemda kabupaten TTS dan masyarakat Kabupaten TTS tidak menjadi penonton di daerah sendiri. Harus ada keuntungan untuk daerah dan pemberdayaan masyarakat sekitar obyek pariwisata sehingga ekonomi masyarakat bisa meningkat.

"Kalau pun ditata Pemerintah Propinsi, maka dalam pengelolaannya harus melibatkan Pemda Kabupaten TTS sehingga Pemda TTS bisa mendapatkan keuntungan dari pengelolaan obyek wisata Fatumnasi. Selain itu, harus dipikirkan bagaimana pemberdayaan masyarakat sekitar agar masyarakat juga bisa menjadi pelaku wisata," pintanya.

Untuk diketahui wilayah Mollo Utara dan Fatumnasi memiliki pesona panorama alam yang sangat luar biasa.

Suhunya yang dingin dengan barisan pohon Pinus menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu, barisan pebukitan yang ditutupi dengan rerumputan Hijau juga menjadi daya tarik tersendiri.

Di dua kecamatan ini terdapat beberapa obyek wisata alam yang sudah cukup terkenal di antaranya, Bukit Marmer Nausus, Danau Nausus, Bukit Marmer Tunua, Bukit Bikium Hutan Bonsai dan beberapa obyek wisata lainnya.

Sayang, obyek wisata yang melimpah ini belum mendapatkan sentuhan penataan dari Pemda TTS. Saat ini, para pengunjung yang datang menikmati obyek wisata alam di Fatumnasi dan Mollo Utara menikmati keindahan alam Kabupaten TTS secara gratis. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Dion Kota)

Penulis: Dion Kota
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved