Kunci Setir Motor Ke Kanan, Buat Pencuri Sulit Beraksi

pelaku kejahatan pada sepeda motor yang dikunci setang ke arah kanan akan sulit karena akan mengganggu ruang gerak

Kunci Setir Motor Ke Kanan, Buat Pencuri Sulit Beraksi
(Otomania-Donny Apriliananda)
Setang sepeda motor yang ditengokkan ke kanan (khusus untuk motor Honda) dan dikunci, cukup merepotkan maling karena tak leluasa menjangkau lubang kunci. 

POS-KUPANG.COM | JAKARTA - Kejahatan pencurian masih jadi salah satu masalah yang menimpa pemilik sepeda motor.

Pelaku kejahatan kerap mengambil kesempatan mengambil motor yang tidak dijaga dalam waktu beberapa detik dengan kunci T.

Menurut Kepala Bengkel AHASS Daya Motor Cibinong, Asep Suherman, kesulitan yang ditemui pelaku kejahatan pada sepeda motor yang dikunci setang ke arah kanan karena kunci T tidak memiliki ruang yang cukup untuk digunakan.

Idealnya Ganti Kampas dan Cairan Rem Setelah Jarak Tempuh Ini

Di Balik Pertemuan Jokowi dan Prabowo Terjadi Peralihan Peran Komunikasi dari Luhut ke Budi Gunawan

"Sangat berpengaruh jika kunci setang menghadap ke kanan. Karena posisi maling saat membobol diperlukan tenaga dan ruang yang cukup. Jika setang menghadap ke kanan posisi tersebut akan sangat mengganggu ruang gerak," kata Asep kepada Kompas.com.

Posisi setang ke kanan membuat lubang kunci menjadi sedikit tertutup. Ini berakibat pada lamanya waktu yang diperlukan pelaku kejahatan untuk beraksi dan soal waktu ini merupakan hal krusial bagi mereka untuk menghindari ketahuan oleh pemilik.

Sayangnya, tips ini tidak berlaku untuk motor jenis sport atau motor laki. Ini karena posisi lubang kunci berada di bagian atas. Pengamanan tambahan diperlukan pemilik sepeda motor yang meninggalkan motornya dalam waktu lama.

Beberapa kunci tambahan yang bisa diberikan antara lain memasang gembok ke lubang cakram, memasang teknologi immobilizer, atau keyless. (kompas.com)

Editor: Hermina Pello
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved