FKIP UKAW Kupang Lepas 476 Mahasiswa yang akan Praktek Pengalaman Lapangan di 44 Sekolah

FKIP UKAW Kupang Lepas 476 Mahasiswa yang akan Praktek Pengalaman Lapangan di 44 Sekolah

FKIP UKAW Kupang Lepas 476 Mahasiswa yang akan Praktek Pengalaman Lapangan di 44 Sekolah
POS-KUPANG.COM/Laus Markus Goti
Para dosen FKIP UKAW Kupang bersama mahasiswa PPL di Aula H UKAW Kupang, Selasa (30/7/2019). 

FKIP UKAW Kupang Lepas 476 Mahasiswa yang akan Praktek Pengalaman Lapangan di 44 Sekolah

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ( FKIP) Universitas Kristen Artha Wacana ( UKAW) Kupang melepas sebanyak 476 mahasiswanya untuk menjalani Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di 44 sekolah (SD, SMP, SMA/SMK) di Kota Kupang dan Kabupaten Kupang.

Ke-476 mahasiswa tersebut berasal dari empat program studi, yaitu Ilmu Pendidikan Teologi (49 orang), Bahasa Inggris (116 orang), PJKR (151 orang) dan Biologi (160 orang). Sebelum berangkat ke tempat PPL yaitu, Rabu (1/8/2019) para mahasiswa mendapat pembekalan yang berlangsung selama satu hari di Aula H UKAW Kupang, Selasa (30/7/2019). Mereka akan menjalani masa PPL selama tiga bulan.

Ibu Kota Negara akan Dipindahkan dari Jakarta ke Pulau Kalimantan, Ini Kata Jokowi

Pembekalan tersebut mengangkat tema 'Menyikapi Era Industri 4.0 dengan Menyiapkan Tenaga Pendidik yang Bertintegritas, Profesional, Kompatibel dan Kreatif'. Pembekalan dibagi dalam lima sesi berdasarkan materi pembekalan.

Materi yang diberikan antara lain, Pembelajaran Inovatif melalui kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL), Pendidikan Karakter dan Integritas Seorang Guru, Tata Krama dan Tata Tertip Kehidupan Sosial di Sekolah dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Kurikulum 2013 dan Integritas Pribadi Guru.

Gelar Rembuk, Pemda TTU Perangi Stunting Secara Terintegrasi

Ketua Panitia Pelaksana PPL, M.Rambu P, kepada POS-KUPANG.COM, menjelaskan, tema dan materi pembekalan yang diberikan kepada mahasiswa dalam rangka menjawab tantangan dunia pendidikan zaman ini yang tengah dilanda kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi informasi.

Menurutnya, mahasiwa FKIP UKAW Kupang diharapkan mampu menjawab tantangan tersebut dengan pola pendidikan yang lebih inovatif dan kreatif dengan mengedepankan pendidikan karakter sehingga bisa menjadi generasi penerus yang berkualitas.

Untuk itu, kata dia, para mahasiswa harus turun langsung berhadapan dengan para murid dan mendalami sungguh karakter siswa-siswi jaman ini sekaligus kreatif mengembangkan pola pendidikan yang baik pula.

Ia mengatakan, proses pendidikan, salah satunya PPL di FKIP UKAW Kupang diarahkan agar kelak para mahasiswa menjadi guru atau tenaga pendidik yang bertintegritas, profesional, kompatibel dan kreatif. "Jadi ini cita-cita kita. Kita ingin hasilkan lulusan yang berkualitas. Kalau guru punya kualitas bagus dia bisa hasilkan generasi yang berkualitas," ungkapnya.

"Yah sebagai ketua panitia pelaksana saya harap mereka bisa sukses dalam PPL ini. Saya mohon para mahasiswa bisa menjaga diri, nama baik diri sendiri dan juga menjaga Marwah UKAW," tambahnya.

Pantauan POS-KUPANG.COM, para mahasiswa tampak antusias mengikuti rangkaian pembekalan PPL. Mereka aktiv bertanya kepada narasumber dan tidak enggan meminta saran agar mereka bisa memberikan pengaruh positif di tempat PLL.

Narasumber yang membawakan materi dalam pembekalan tersebut antara lain, June A. Jacob, S.Pd.,M.A, Dr. A. J. F. Lumba,M.Pd, Drs. Petrus P. Pabala, M.Pd, Drs.Lukas Manu, M.Pd, Dina A. Natonis, S.Pd.,M.Pd.Naniana N. Benu, S.Pd., M.Hum, Fransina J., Nomleni,S.Pd,.M.Pd
Agustinus J. Nafie, S.Pd.,M.Or. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Laus Markus Goti)

Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved