BPS Ende Gelar Forum Diskusi Penyusunan Publikasi

data BPS sebagai satu-satunya referensi dalam pengambilan kebijakan pembangunan.

BPS Ende Gelar Forum Diskusi Penyusunan Publikasi
POS KUPANG/ROMOALDUS PIUS
Pembukaan Kegiatan BPS Ende. 

BPS Ende Gelar Forum Diskusi Penyusunan Publikasi

POS-KUPANG.COM|ENDE---Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Ende menggelar Forum Diskusi Penyusunan Publikasi BPS Kabupaten Ende, Selasa (30/7/2019) di Aula Lantai 2 Kantor Bupati Ende.

Wakil Bupati Ende, Drs Djafar Achmad dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten 3, Vitalis Tote mengatakan pihaknya menyampaikan selamat datang kepada semua peserta FGD, kiranya kehadirannya ikut memberikan kontribusi positif bagi penyusunan publikasi BPS kabupaten Ende.

“Harus dipahami kita bersama bahwa data-data yang akurat akan sangat menentukan program pembangunan yang tepat sasaran,”ujarnya.

Dikatakan kegiatan FGD ini penting dilaksanakann sebagai salah satu upaya membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya data statistik.

Hal ini tentunya sejalan dengan apa yang menjadi perhatian serius Presiden Indonesia, Joko Widodo dimana beliau memberikan kepercayaan yang luar biasa kepada BPS dan memerintahahkan agar kementrian dan lembaga menggunakan dan mengacu pada data BPS sebagai satu-satunya referensi dalam pengambilan kebijakan pembangunan.

“Tidak ada intervensi dari Presiden atas data yang dibuat atau dihasilkan BPS, namun Presiden melakukan identifikasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi berdasarkan data BPS kemudian mencari solusinya,”katanya.

Oleh karena itu hal ini tentunya akan menjadi motivasi bagi BPS dalam menyediakan data-data yang akurat dan berkualitas.

Dikatakan setiap Kementrian dan Lembaga termasuk pemerintah Daerah memiliki tanggung jawab untuk memenuhi Indikator Sustainable Development Goals (SDGs) dan mengintegrasikannya dalam berbagai perencanaan program dan kebijakan di masing masing instansi.

“Saya menaruh harapan kepada semua komponen masyarakat, baik itu pemerintah maupun swasta dapat mendukung upaya pemenuhan indikator SDGs ini, terutama pengumpulan statistik sektoral oleh Kementrian dan Lembaga dan pemerintah daerah.”ujarnya.

Masyarakat Ende Diminta Memberikan Data Yang Benar

Unkriswina Sumba Lepas 39 Wisudawan, Ini Pesan Wakil Bupati Sumba Timur

Dukungan yang diberikan tentu harus sesuai dengan porsi dan kapasitas masing-masing instansi. Ini juga bagian dari langkah BPS dalam memperkuat Sistem Statistik Nasional.(Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Romualdus Pius)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved