Yayasan Kembara Nusa & Komunitas Jruk Sumba Gelar Bakti Sosial Pengobatan Gigi Gratis

Yayasan Kembara Nusa & Komunitas Jruk Sumba Gelar Bakti Sosial Pengobatan Gigi Gratis

Yayasan Kembara Nusa & Komunitas Jruk Sumba Gelar Bakti Sosial Pengobatan Gigi Gratis
dokumentasi pribadi
Yayasan Kembara Nusa & Komunitas Jruk Sumba Gelar Bakti Sosial Pengobatan Gigi Gratis 

Yayasan Kembara Nusa & Komunitas Jruk Sumba Gelar Bakti Sosial Pengobatan Gigi Gratis

POS-KUPANG.COM - Drg. Stella Valentina, Founder Yayasan Kembara Nusa bersama 27 Dokter Gigi Umum dan 2 Dokter Spesialis Bedah Mulut, berkolaborasi dengan Komunitas JRUK Jaringan Relawan Untuk Kemanusiaan - Sumba melakukan Bakti Sosial Pengobatan Gigi Gratis di Aula KOLPING – Bondo Kodi, Kecamatan Kodi, Sumba Barat Daya, Kamis 25 Juli - Jumat 26 Juli 2019 yang berlangsung dari pukul 08.00 - 15.00 Wita.

Kegiatan Bakti Sosial ini meliputi konsultasi kesehatan gigi, penambalan dan pencabutan gigi dengan jumlah 307 pasien yang dilayani selama dua hari.

Sembari itu, juga dilakukan penyuluhan dan pemeriksaan tentang kesehatan gigi dan mulut pada 300 siswa/i Sekolah Dasar Islam Pero pada hari pertama dan 600 siswa/i Sekolah Dasar Masehi Hamonggo Lele pada hari kedua.

Kembara Nusa merupakan yayasan yang berdiri sejak tahun 2018 dan berfokus pada pemerataan kesehatan gigi dan mulut pada daerah-daerah yang masih kurang jumlah dokter giginya.

Yayasan yang beralamat di Kuningan, Jakarta ini sudah melakukan kegiatan bakti sosial kesehatan gigi dan mulut di Maumere, Flores pada tahun lalu dan pada tahun ini di pulau sumba.

“Sumba terkenal dengan keindahaan alamnya, namun kesadaran masyarakatnya akan kesehatan gigi dan mulut masih kurang dan jumlah dokter gigi sangat kurang dibandingkan jumlah masyarakatnya, sehingga kami merasa perlu mengunjungi sumba, membawa dokter gigi dari seluruh Indonesia untuk membantu menyelesaikan kasus-kasus gigi dan mulut yang ada di pulau sumba yang selama ini belum tertangani” urai drg. Stella menyampaikan latar belakang kunjungan mereka ke sumba dan berharap lewat kegiatan Bakti Sosial ini masyarakat di Sumba Barat Daya khususnya di Kodi lebih sadar akan kesehatan gigi dan mulut.

Lebih lanjut drg Stella juga menyampaikan bahwa Bakti Sosial ini disponsori Formula, Kurabesi, Mega Syariah dan Periksa.

Tim Kembara Nusa juga melakukan tindakan preventif fissure sealant untuk melindungi gigi anak-anak usia 6 - 7 tahun dimana gigi tetapnya baru tumbuh.

Tindakan ini dilakukan pada anak kelas 1 dan 2 SD Islam Pero dan SD Masehi Hamonggo Lele.

Halaman
12
Editor: Eflin Rote
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved