WTP Bantuan Honggaria Mulai Beroperasi di Kabupaten Ende

Sebuah Water Treatment Plan Bantuan Honggaria Mulai beroperasi di Kabupaten Ende

WTP Bantuan Honggaria Mulai Beroperasi di Kabupaten Ende
POS-KUPANG.COM/ROMUALDUS PIUS
Plt Dirut PDAM, Kosmas Nyo 

Sebuah Water Treatment Plan Bantuan Honggaria Mulai beroperasi di Kabupaten Ende

POS-KUPANG.COM | ENDE - Water Treatment Plan (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA) bantuan dari negara Honggaria untuk PDAM Ende yang dipasang di Kelurahan Rewarangga, Kecamatan Ende Timur, Kabupaten Ende mulai beroperasi untuk melayani kebutuhan akan air bersih bagi warga Kota Ende.

Plt Dirut PDAM Ende, Kosmas Nyo mengatakan hal itu kepada POS- KUPANG.COM, Senin (29/7/2019) di Ende.

Wanita Dibawah Umur di Sikka Dicabuli Kawanan Pria, Sudah Dilapor ke Mapolsek Kewapante

Kosmas Nyo mengatakan bahwa pada tahun 2017 lalu pemerintah pusat telah membangun sarana atau instalasi air minum yang merupakan hibah dari Pemerintah Honggaria kepada PDAM Ende di Kelurahan Rewarangga, Kecamatan Ende Timur.

Setelah dilakukan pembangunan yang cukup lama maka pada pertengahan tahun 2019 ini sarana air minum yang ada tersebut mulai dioperasikan untuk memenuhi kebutuhan akan air bersih bagi warga Kota Ende.

Pemkab Ende Identifikasi 22 Lokasi Baru Stunting di Kabupaten Ende, Dimana Saja?

"Kita semua tentu berharap dengan adanya WTP yang baru tersebut bisa mengatasi persoalan air bersih bagi warga Kota Ende," kata Kosmas.

Kosmas mengatakan bahwa WTP yang merupakan bantuan dari Pemerintah Honggaria kepada PDAM Ende dari sisi tehknis memang lebih besar dibandingkan dengan WTP yang telah ada sebelumnya.

"Jika kita jalan dari arah Kota Ende menuju ke Terminal Roworeke di arah timur di sepanjang jalan kita lihat ada pipa yang cukup besar. Itu pipa yang mengalirkan air ke Kota Ende yang sebelumnya telah diolah di WTP yang ada di Kelurahan Rewarangga," kata Kosmas.

Kosmas juga berharap dengan adanya keberadaan WTP Water Treatment Plan (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA) bantuan dari negara Honggaria untuk PDAM Ende yang dipasang di Kelurahan Rewarangga, Kecamatan Ende Timur, Kabupaten Ende bisa menjadi solusi kebutuhan air bersih bagi warga Kota Ende terutama ketika memasuki musim kemarau yang diprakirakan pada awal Agustus hingga Oktober 2019.

Kosmas mengatakan bahwa secara umum debit air yang ada di PDAM Ende saat ini belum berkurang namun demikian tidak menutup kemungkinan akan berkurang ketika memasuki musim panas sehingga berpengaruh pada proses pendistribusian air ke rumah-rumah warga.

Halaman
12
Penulis: Romualdus Pius
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved