VIDEO: ASN Diajak Berwirausaha Sebelum Pensiun

VIDEO: ASN Diajak Berwirausaha Saat Pensiun. Demikian Direktur Compliance and Risk Mandiri Taspen, Paulus Endro, saat Workshop Kewirausahaan.

VIDEO: ASN Diajak Berwirausaha Sebelum Pensiun

POS-KUPANG. COM, KUPANG – VIDEO: ASN Diajak Berwirausaha Sebelum Pensiun.

Bank Mandiri Taspen mempunyai program kewirausahaan yang telah berjalan sekitar empat tahun. Program ini disalurkan dalam bentuk kredit kepada para ASN yang belum atau sudah pensiun. 

Direktur Compliance and Risk Mandiri Taspen, Paulus Endro, pada Workshop Kewirausahaan di Papa Jhons Hotel, Senin (29/7/2019), mengatakan program ini bertujuan agar usai pensiun para ASN memiliki usaha untuk meningkatkan kesejahteraan hidup mereka. 

"Program ini sudah dilakukan di seluruh jaringan di Indonesia. Sudah ada 1.066 dan baru empat tahun sudah banyak yang berhasil," tuturnya. 

VIDEO: Mantan Walikota Kupang Lolos ke DPRD NTT

VIDEO: Satpol PP Bongkar Bangunan Milik Keluarga Tomboy

VIDEO: Bupati Nagekeo Bilang Itu Kerja Harus Cepat

Ia menjelaskan program ini tidak hanya diberikan pendidikan saja kepada para wirausaha tetapi juga disiapkan mentor bimbingan.

Jadi para wirausaha itu tidak perlu takut setelah berusaha. Hasilnya akan dikemanakan karena bila sudah berhasil maka mentor akan mengambilnya, dalam hal ini marketingnya ditampung. 

Diakuinya, Mandiri Taspen di NTT sudah menyalurkan kredit pada pegawai pensiun sekira Rp 660 miliar, dengan harapan dari jumlah tersebut ada yang berhasil dalam usahanya. 

Saat ini bunga kredit yang ditawarkan mulai 13-14 persen dengan dana Rp 150-200 juta.

"Kalau wirausaha sudah berhasil kreditnya bisa lebih. Karena ada beberapa tempat yang usahanya berhasil, sehingga ada yang meminjam sampai Rp 500 juta," tuturnya. 

Para ASN bisa membuka usaha apa saja. Namun kebanyakan para ASN menggeluti hydroppnic. 

Menurutnya kegiatan workshop ini sudah dilaksanakan beberapa kali. Di NTT Gubernur menyambut baik workshop ini karena sejalan dengan program kerja provinsi NTT. 

VIDEO: Temaram Senja di Pantai Nangadhero - Nagekeo. Aduh, Indahnya

VIDEO: Anak-anak Melepas Tukik di Pantai Riangdua Lembata. Aduh Senangnya

VIDEO: Ini Duta Genre NTT. Lihat Aksi Mereka

Selain berikan kewirausahaan Bank Mandiri Taspen juga memberikan kredit kepada pegawai dan pensiunan dengan bunga yang relatif lebih murah. Dengan teknologi Bank Mandiri yaitu ATM dan mobile banking. 

Di NTT terdapat beberapa cabang pembantu. Sedangkan di seluruh Indonesia ada sekitar 293 jaringan. (POS-KUPANG. COM, yeni Rachmawati)

Nonton Videonya Di Sini:

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Frans Krowin
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved