Terkait Bunuh diri, DPRD NTT Minta Pemda Bentuk Unit Layanan Konseling

Pemda harus bangun unit ini sehingga dapat mencegah adalanya kasus bunuh diri.

Terkait Bunuh diri, DPRD NTT Minta Pemda Bentuk Unit Layanan Konseling
POS-KUPANG.COM/Oby Lewanmeru
Sekretaris Komisi I DPRD NTT, Emanuel Kolfidus 

Terkait Bunuh diri, DPRD NTT Minta Pemda Bentuk Unit Layanan Konseling

POS-KUPANG.COM|KUPANG - Pemerintah daerah (pemda) di NTT ,terutama di Kabupaten Sikka dan Manggarai perlu membentuk sebuah unit layanan konseling bagi masyarakat. Adanya unit ini, diharapkan dapat meminimalisir kasus bunuh diri.

Hal ini disampaikan Sekretaris Komisi I DPRD NTT, Emanuel Kolfidus ,Senin (29/7/2019).

Emanuel dimintai tanggapan soal maraknya kasus bunuh diri di Kabupaten Sikka dan juga di Manggarai.

Menurut Emanuel, sebaiknya pemerintah daerah perlu memikirkan adanya suatu unit layanan konseling. Pemda harus bangun unit ini sehingga dapat mencegah adalanya kasus bunuh diri.

"Jadi perlu ada unit layanan konseling. Konseling bukan pada orang yang sakit, tapi konseling ini. Bagi semua warga sebagai tindakan prefentif," kata Emanuel.

Dijelaskan, Pemerintah Daerah,selain membentuk unit layanan konselinh, juga perlu , dengan kegiatan yang berskfat proaktif, termasuk mengoptimalkan peran guru.

"Kita sangat prihatin dengan sejumlah kejadian bunuh diri, memang kematian adalah kehendak Tuhan, tetapi kasus bunuh diri sebenarnya bisa dicarikan akar masalah dan sekaligus solusi," katanya.

Dikatakan, sebaiknya perlu dipikirkan adanya suatu unit layanan konseling oleh Pemerintah Daerah, dengan kegiatan yang bersifat proaktif, termasuk mengoptimalkan peran guru BP di sekolah -sekolah, karena dapat membentuk kekuatan mental seseorang.

Ini Pesan Bupati Nagekeo Saat Melantik Pejabat Administrator dan Pengawas Lingkup Setda Nagekeo

Dua Orang Atlet Kempo Mabar Raih Perunggu Dan Perak Di Monas Cup 2019 Jakarta

"Rencana renovasi juga sangat penting penguatan pendidikan karakter di keluarga, peran sentral institusi agama dan tokoh agama, ini harus menjadi gerakan bersama dengan Pemda sebagai pelopornya.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru)

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved