PUASA IDUL ADHA 2019, Ini Tiga Jenis Puasa Sunah Sebelum Idul Adha dan Manfaatnya

Tahukah anda, dalam bulan Zulhijah ada tiga jenis puasa sunah yang dapat kamu jalankan. Ada Puasa Zulhijjah, Puasa Arafah dan Puasa Asyura.

PUASA IDUL ADHA 2019,  Ini Tiga Jenis Puasa Sunah Sebelum Idul Adha dan Manfaatnya
NET
Puasa Arafah 

PUASA IDUL ADHA 2019,  Ini Tiga Jenis Puasa Sunah Sebelum Idul Adha dan Manfaatnya

POS-KUPANG.COM- Tahukah anda, dalam bulan Zulhijah ada tiga jenis puasa sunah yang dapat kamu jalankan. Ada Puasa Zulhijjah, Puasa Arafah dan Puasa Asyura.

Pertama, Puasa Zulhijah

Merupakan ibadah puasa sunnah yang dilakukan sebanyak 10 hari di bulan Dzulhijjah. Puasa ini dilakukan sebanyak 9 hari pertama di bulan Dzulhijjah.

Di hari kesepuluh yang bertepatan dengan pelaksanaan hari raya kurban, kita hanya diminta untuk berpuasa hingga selesai melaksanaan salat hari raya. Setelahnya, kita tidak diperbolehkan melanjutkan puasa karena hukumnya menjadi haram.

Keutamaan puasa Dzulhijjah bisa kita temukan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi yang berbunyi, “Tidak ada hari-hari yang lebih disukai Allah untuk dipakai beribadah lebih dari sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah. Berpuasa pada siang harinya sama dengan berpuasa selama satu tahun dan salat pada malam harinya sama nilainya dengan mengerjakan salat pada malam lailatul qadar.”

Niat Puasa Tarwiyah, Dzulhijjah, dan Puasa Arafah, Serta Keutamaan-Keutamaannya

 Kedua, Puasa Arafah

Puasa Arafah berhubungan langsung dengan puasa Dzulhijjah karena dilaksanakan pada hari kesembilan di bulan Dzulhijjah atau menjelang hari raya Idul Adha.

Dinamakan puasa Arafah karena di hari tersebut umat Islam yang berhaji sedang melaksanakan ibadah wukuf di Arafah.

Puasa Arafah memiliki satu keistimewaan yang sangat besar yakni dihapuskan dosanya setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.

Ini sejalan dengan sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Qatadah Al Anshari RA, “Dan Rasulullah SAW ditanya tentang berpuasa di hari Arafah. Maka, Rasulullah bersabda, ‘Puasa ini dapat menebus dosa setahun yang telah lalu dan setahun yang akan datang’.” (HR Imam Muslim).

Niat Puasa Senin Kamis! Tata Cara, Keutamaan, Manfaat, hingga Keajaiban Puasa Sunnah Senin Kamis

Ketiga, Puasa Asyura

Puasa Asyura adalah puasa sunnah yang dilaksanakan setiap tanggal 10 di bulan Muharram. Keutamaan puasa Asyura disebutkan dalam sebuah hadis.

“Keutamaan puasa Asyura adalah dihapuskan  dosa-dosa kecil pada tahun sebelumnya.” (HR. Imam Muslim).(*)

Penulis: Adiana Ahmad
Editor: Adiana Ahmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved