KPU NTT Siapkan Usulan Pelantikan Caleg Terpilih

pengusulan ke Mendagri paling lambat tujuh hari setelah penetapan atau sekitar tanggal 29 -30 Juli 2019.

KPU NTT Siapkan Usulan Pelantikan Caleg Terpilih
POS KUPANG/OBY LEWANMERU
Ketua KPU NTT, Thomas Dohu dan empat komisioner pose bersama Sekretaris KPU NTT, Ubaldus Gogi dan para staf usai rapat pleno penetapan perolehan kursi dan caleg terpilih DPRD NTT di Hotel Aston, Senin (22/7/2019). 

KPU NTT Siapkan Usulan Pelantikan Caleg Terpilih

POS-KUPANG.COM|KUPANG -- KPU NTT sementara menyiapkan pengusulan caleg terpilih DPRD NTT yang telah ditetapkan ke Mendagri untuk dilantik. Pengusulan ke Mendagri melalui Gubernur NTT.

Hal ini disampaikan Ketua Divisi Teknis KPU NTT Lodowyk Fredrik, Senin (29/7/2019).

Menurut Fredrik, setelah dilakukan penetapan caleg terpilih DPRD NTT hasil Pemilu 2019, maka KPU NTT akan mengusulkan ke Mendagri melalui Gubernur NTT untuk pelantikan dan pengambilan sumpah janji. "Saat ini masih dipersiapkan," kata Fredrik.

Ketua KPU NTT, Thomas Dohu mengatakan, KPU NTT akan usulkan ke Mendagri melalui Gubernur NTT guna proses pelantikan caleg terpilih DPRD NTT periode 2019-2024.

Dijelaskan, pengusulan ke Mendagri paling lambat tujuh hari setelah penetapan atau sekitar tanggal 29 -30 Juli 2019.

"Untuk pengusulan dimaksud,maka caleg terpilih wajib memasukan atau menyerahkan tanda terima LHKPN kepada KPU NTT," katanya.

Menurut Thomas, jika caleg terpilih tidak menyerahkan tanda terima LHKPN tersebut, maka KPU NTT tidak akan mengusulkan kepada gubernur untuk pelantikan dan pengambilan sumpah.

"Karena itu, kami sampaikan ke parpol agar segera memasukan tanda terima LHKPN kepada KPU NTT dalam kesempatan pertama," ujarnya.

Basarnas Sebut Wakil Gubernur NTT Sebagai Bapaknya Basarnas

WTP Bantuan Honggaria Mulai Beroperasi Di Ende

Terkait Bunuh diri, DPRD NTT Minta Pemda Bentuk Unit Layanan Konseling

Dikatakan, terhadap proses penetapan perolehan kursi dan caleg terpilih akan dilakukan penyesuaian manakala ada putusan hukum lain yang mengharuskan atau mewajibkan KPU Provinsi NTT agar melakukan peninjauan kembali terhadap keputusan yang telah ditetapkan.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru)

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved