Anggota Pramuka Penggalang Antusias Ikut Perkemahan di Mbay

- Sebanyak 405 anggota Pramuka Penggalang mengikuti Pekan Keakraban di Mbay Kabupaten Nagekeo.

Anggota Pramuka Penggalang Antusias Ikut Perkemahan di Mbay
POS KUPANG/GORDI DONOFAN
Suasana kegiatan pekan keakraban di SDK Wolorae Kelurahan Danga Kota Mbay Kabupaten Nagekeo, Minggu (28/7/2019). 

Anggota Pramuka Penggalang Antusias Ikut Perkemahan di Mbay

POS-KUPANG.COM | MBAY -- Sebanyak 405 anggota Pramuka Penggalang mengikuti Pekan Keakraban di Mbay Kabupaten Nagekeo.

Kegiatan dilaksanakan sejak, Rabu (24/7/2019) hingga 28/7/2019) bertempat di Lapangan Perkemahan SDK Wolorae Kelurahan Danga Kota Mbay Kabupaten Nagekeo.

Pekan Keakraban dilaksanakan oleh Majelis Pendidikan Katolik Keuskupan Agung Ende (MPK-KAE).

Ketua Majelis Pendidikan Katolik Keuskupan Agung Ende, RD. Aster Lado, menjelaskan salah satu perwujudan dan implementasi Undang-Undang nomor 20 tentang Sistim Pendidikan Nasional adalah upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pendidikan.

Ia menjelaskan bukan saja pendidikan formal tetapi pendidikan non formal pun mendapat peran penting Salan sa
komponen pendidikan non formal adalah Pendidkan Pramuka.

"Pendidikan Kepramukaan merupakan pendidikan non iormal yang menjadi wadah pengembangan potensi diri serta memiliki akhlak mulia, pengendalian din dan kecakapan hidup untuk melahirkan kader penerus perjuangan bangsa dan Negara. Di samping itu pendidikan kepramukaan yang diselenggarakan oleh organisasi gerakan pramuka merupakan pemenuhan hak warga negara untuk berserikat dan
mendapatkan pendidikan sebagaimana tercantum dalam pasal 28, pasal 28C dan pasal 31 UUD 1945," jelasnya.

Ia mengatakan Pekan Kekerabatan merupakan kegiatan yang secara rutin dilakukan oleh Tim Kerja Kepramukaan Majelis Pendidikan Katolik ("TKK - MPK) yang identik kegiatan serupa dengan
Jamboree dan Raimuna.

Lanjut Rd. Aster Pekan Kekerabatan menjadi wahana rekreasi edukatif bagi anggota muda Pramuka terutama Penggalang dan Penegak dalam menambah wawasan, pengalaman, keterampilan, serta menjalin persahabatan, persaudaraan, dan kerja sama antar anggota Pramuka di lingkungan Tim Kerja Kepramukaan (TKK) Majelis Pendidikan Katolik (MPK) demi terwujudnya pembinaan generasi muda yang berbudi pekerti, kreatif, dan inovatif sesuai Tri Satya dan Dasadarma.

"Pekan Kekerabatan dilaksanakan secara periodik oleh TKK MPK KAE, dan berselang untuk Penggalang dan Penegak dari seluruh Gugus depan yang berpangkalan di sekolah-sekolah Katolik se-Keuskupan Agung Ende," jelasnya.

Ia menerangkan pada kesempatan ini, Tm Kerja Kepramukaan Bernuansa Katolik (TKK-MPK) Keuskupan Agung Ende akan menyelenggarakan kegiatan Pekan Kekerabatan usia Sekolah
Menengah Pertama di wilayah Keuskupan Agung Ende.

Pekan Kekerabatan 2019, yang akan berlangsung di Nagekeo, peserta sebagai komunitas pembelajar diperkenalkan lebih nyata dalam aktivitas kepramukaan yang mengarah pada penguasaan Keterampilan abad 21.

Ia mengatakan, sebagai warga dunia, peserta diajak mengukuhkan wawasan dan penerapan Sustainable Development Goals (SLDGs) - yang sudah dicanangkan pula nielalui gerakan Pandu sedunia (WOSM).

"Adapun maksud tujuan yang akan dicapai melalui kegiatan Pekan Kekerabatan III tahun 2019 adalah terwujudnya pramuka penggalang yang berbudi, kreatif, dan inOvatif, memberikan sarana kegiatan yang menempa kecakapan pramuka penggalang secara intens dan tersedianya sarana kegiatan, bertambah semangatnya Keglatan pramuka di gugusdepan untuk giat berlatih menyiapkan diri secara mandrn dan bertanggung jawab. antara lain melalui pemenuhan SKU dan SKK yang mendukung kegiatan terjalinnya interaksi dan tukar-menukar infomasi, pengalaman' peneenua, Keterampilan kecakapan, dan budaya antarpeserta.

Terjalinnya persanabatan dan persaudaran peserta dalam perkemahan sebagai dasar
kerga sama untuk menghasilkan kreativitas dan inovasi," jelasnya.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gordi Donofan)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved