Inggris Perintahkan Angkatan Laut Kawal Kapal-kapalnya yang Melintasi Selat Hormuz, Ini Alasannya

Pemerintah Inggris Perintahkan Angkatan Laut Kawal Kapal-kapalnya yang Melintasi Selat Hormuz, Ini Alasannya

Inggris Perintahkan Angkatan Laut Kawal Kapal-kapalnya yang Melintasi Selat Hormuz, Ini Alasannya
KOMPAS.com/AFP PHOTO
Kapal perang Inggris HMS Montrose. 

Pemerintah Inggris Perintahkan Angkatan Laut Kawal Kapal-kapalnya yang Melintasi Selat Hormuz, Ini Alasannya

POS-KUPANG.COM | LONDON - Pemerintah Inggris telah memerintahkan kepada angkatan lautnya untuk mengawal kapal-kapal berbendera Inggris yang melintasi Selat Hormuz.

Perintah tersebut disampaikan Kamis (25/7/2019), setelah Garda Revolusi Iran mengklaim telah menangkap sebuah kapal tanker Inggris di gerbang masuk wilayah Teluk, sepekan sebelumnya.

Ini Alasan Pansel Capim KPK Diminta Perhatikan Kembali Tiga Calon dari Polri

"Angkatan Laut Kerajaan telah diperintahkan untuk mengawal dan mendampingi kapal-kapal berbendera Inggris saat melintasi Selat Hormuz."

"Angkatan Laut akan mengawal kapal-kapal tersebut, baik secara satu per satu maupun dalam kelompok, jika ada pemberitahuan yang memadai tentang perjalanan mereka," kata Kementerian Pertahanan Inggris, dalam pernyataannya, dikutip AFP.

Iran mengumumkan telah menahan kapal tanker berbendera Inggris, Stena Impero, yang membawa 23 orang kru, pada 19 Juli lalu.

Basaria: KPK Akan Pertimbangkan Ulang Ancaman Hukuman Mati dalam Kasus Korupsi Bupati

Penahanan itu disebut sebagai aksi balasan atas langkah Marinir Inggris yang menahan kapal tanker Iran, Grace 1, di perairan Gibraltar pada 4 Juli, meningkatkan ketegangan antara negara Republik Islam itu dengan Inggris.

London, pada Senin (22/7/2019), sempat mengusulkan misi yang dipimpin Eropa untuk mengamankan kapal-kapal tanker yang melintasi jalur pengiriman minyak tersibuk di dunia itu.

Namun usulan tersebut mendapat tentang dari Perancis, yang mengatakan tidak bakal mengirimkan aset militer tambahan ke Teluk, tetapi bersedia membagi informasi dan mengoordinasikan asetnya yang telah ada di wilayah itu.

Inggris saat ini masih memiliki kapal perang HMS Montrose dan beberapa kapal angkatan laut yang lebih kecil di perairan Teluk.

Halaman
12
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved