Camat dan Kades di Kabupaten Kupang Diminta Pantau Ancaman Rawan Pangan

Para Camat dan Kades di Kabupaten Kupang Diminta Pantau Ancaman Rawan Pangan

Camat dan Kades di Kabupaten Kupang Diminta Pantau Ancaman Rawan Pangan
POS-KUPANG.COM/Dok Humas Setda Kupang
Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe saat memimpin rapat bersama OPD terkait penyusunan draft Kabupaten Kupang dalam angka, Jumat (26/7/2019) 

Para Camat dan Kades di Kabupaten Kupang Diminta Pantau Ancaman Rawan Pangan

POS-KUPANG.COM | OELAMASI - Para camat dan kepala desa/lurah di Kabupaten Kupang untuk siaga dan terus memantau ancaman rawan pangan. Sesuai ramalan BMKG bahwa kekeringan dalam tahun 2019 ini cukup panjang terutama di wilayah Indonesia Timur termasuk didalamnya Kabupaten Kupang.

Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe kepada POS-KUPANG.COM, Sabtu (27/7/2019) mengatakan, ramalan BMKG ini jangan dianggap sepele. Dengan melihat kondisi alam khususnya di Kabupaten Kupang, yang belakangan diterpa angin dan panas yang menyengat, imbasnya akan sangat besar.

Dua Kali Tersandung Kasus, Bupati Kudus Ditangkap KPK Terkait Dugaan Suap Pengisian Jabatan

Pemkab Kupang, kata Jerry, saat ini sudah mengantisipasi dengan meminta para camat, kepala desa/lurah untuk siaga. Harus turun ke desa menemui warga menanyakan soal stok pangan. Hal ini penting agar terhindar dari ancaman rawan pangan karena langkah penanganannya cepat.

"Memang laporan lisan maupun tertulis soal desa mana saja yang terancam rawan pangan, saya belum dapat. Tapi di dinas teknis mungkin sudah ada dan masih dalam rekapan. Tapi saya sejak awal minta para camat dan kades/lurah agar pantau di lapangan," katanya.

Dikson Balukh: Kabupaten Kupang Dalam Angka Sangat Penting bagi Kegiatan Pemerintahan

Ketua DPD II Golkar Kupang ini mengakui, mengantisipasi ancaman rawan pangan, pemda telah menyiapkan cadangan beras dan jagung. Ini dimaksudkan agar apabila data yang masuk menunjukan di desa A terkena dampak rawan pangan maka bantuan segera didorong ke wilayah itu.

"Warga juga jangan diam. Kalau stok pangan mulai menipis maka segera laporkan ke kades. Kades lalu sampaikan ke camat untuk diteruskan ke kabupaten. Sebelum berikan laporanpun, kades harus ambil langkah pertolongan pertama dengan memberi bantuan emergency. Saya kira dana desa bisa digunakan dalam hal emergency membantu warga dari ancaman rawan pangan," pesan Wabup Jerry. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Edi Hayong)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved