Warga Tunbaun Jalan 2 Km Untuk Dapat Air Bersih

harus menempuh jalan sekitar dua kilometer (km) dengan berjalan kaki untuk mengambil air bersih atau air minum.

Warga Tunbaun Jalan 2 Km Untuk Dapat Air Bersih
POS KUPANG/OBY LEWANMERU
Ketua RT 35, Desa Tunbaun, Kristian Obhetan sedang mengambil air ,Kamis (25/7/2019).

Warga Tunbaun Jalan 2 Km Untuk Dapat Air Bersih

POS-KUPANG.COM|KUPANG - Warga Dusun 8 dan Dusun 9, RW 15,Desa Tunbaun,Kecamatan Amarasi Barat, Kabupaten Kupang harus menempuh jalan sekitar dua kilometer (km) dengan berjalan kaki untuk mengambil air bersih atau air minum.

Beberapa warga yang ditemui di Desa Tunbaun, Kamis (25/7/2019) mengatakan, jika musim kering atau kemarau seperti saat ini mereka sulut mendapat air bersih.

Ketua RT 35, Desa Tunbaun, Kristian Obhetan mengatakan, warga di RT 35 sebanyak 19 kepala keluarga dan sejak memasuki musim kemarau warga setempat kesulitan memperoleh air bersih.

"Kita kalau mau dapat air bersih untuk minum harus jalan sekitar 2 km. Begitu pun jalannya cukup sulit,karena sumber airnya di bawah tebing," kata Kristian.

Dia mengatakan, saat pergi kondisi jalan menurun, sementara saat kembali membawa air harus mendaki.
Adam Timuneno salah satu perangkat pimpinan di Desa Tunbaun juga mengakui kondisi itu.

"Kalau musim hujan kami aman karena manfaatkan air hujan dari atap, tetapi kalau musim kemarau begini sudah susah," kata Adam

Ketua RW 15, Desa Tunbaun, Noh Bana, mengatakan kesulitan mendapat air bersih oleh warga di wilayah tersebut bukan hal baru, namun audah berlangsung setiap tahunnya.

"Memang ada bak penampungan air,tetapi air tidak ada dan kita kesulitan untuk dapat air,apalagi musim kemarau," kata Noh.

Kesulitan warga setempat mendapat air karena kondisi sumber air yang ada di bawah penggunangan sementara pemukiman warga di atas penggunangan sehingga untuk memperoleh air, warga harus berjalan menurun saat pergi dan harus mendaki saat kembali.

Ini Data Pembayaran Klaim Tujuh RS di Sumba Timur Tahun 2018 dan 2019 BPJS Kesehatan

Kodim 1618 TTU Bagi Air Gratis kepada 179 Kepala Keluarga di Desa Sono

Ungkapan Kegembiraan, PS Malaka Pawai Akbar

"Kalau pulang jalan mendaki baru pikul air, jadi memang kami susah," katanya.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru)

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Rosalina Woso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved