VIDEO: Warga Lewogroma, Lembata, Ambil Air di Hutan

VIDEO: Warga Lewogroma, Lembata, Ambil Air di Hutan. Ini sudah terjadi bertahun-tahun lamanya. Air di hutan itu untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.

VIDEO: Warga Lewogroma, Lembata, Ambil Air di Hutan

POS-KUPANG.COM, LEWOLEBA – VIDEO: Warga Lewogroma, Lembata, Ambil Air di Hutan

Krisis air dialami sekitar 67 kepala keluarga yang mendiami Desa Lewogroma, Kecamatan Atadei, Kabupaten Lembata, NTT.

Untuk memenuhi kebutuhan air dalam rumah tangga, mereka harus keluar masuk hutan. Warga yang tinggal di ketinggian bukit, harus turun  ke lembah untuk ambil air langsung dari sumbernya.

Mata air itu dalam bahasa setempat disebut Wai Kating dan berada di hutan lebat. Jaraknya sekitar 2 km dengan kondisi jalan yang berkelok-kelok menuruni punggung bukit.

VIDEO: Pemuda Harus Digerakkan Lawan Human Trafficking

VIDEO: BaReLo Swissbelinn Kristal Hadirkan Menu Rice Bowl. Lezatnya

VIDEO: Informa Lippo Plaza Punya Banyak Promo Baru. Ayo, Buruan

Bersyukur pemerintah  telah membangun jalan rabat semen sampai ke lembah, sehingga cukup memudahkan warga untuk pergi-pulang mengambil air.

Salah satu Warga Desa Lewogroma, yang setiap hari harus turun naik mengambil air, adalah Maria Asunta Gelu. Wanita berusia 55 tahun ini selalu mengambil air di Wai Kating tiap pagi dan sore.

"Semua kebutuhan air di kampong, ambilnya di sini," ungkap Maria, di lokasi Wai Kating, Rabu (24/7/2019).

Maria menuturkan mata air Wai Kating merupakan satu-satunya tempat untuk mendapatkan air bersih dan segar bagi warga desa itu. Air itu dimanfaatkan untuk mandi, masak, dan minum sehari-hari.

Setiap kali pergi ke Wai Kating, Maria dan warga Desa Lewogroma menyempatkan diri mencuci pakaian dan mandi selain untuk dibawa ke rumah. Biasanya mereka membawa beberapa jeriken berukuran sedang dan besar.

Di Kampung, warga juga membangun bak-bak penampung air berukuran besar. Namun, bak itu hanya dimanfaatkan untuk menampung air hujan.

VIDEO: Mobil Ferrari Portofino Photo Shoot di Sumba Timur

VIDEO: Warga Manutapen Histeris Diterjang Angin Puting Beliung

VIDEO: Heri Gani Adukan KPU Ende Ke Bawaslu. Ada Apa?

Apa harapannya kepada pemerintah, Maria dan empat orang warga hanya tersipu malu. Bagi Maria, kalau pemerintah tidak mau membantu kesulitan mereka dalam mendapatkan air, juga tak masalah.

Warga Kampung Watuwawer, kampung tetangga Lewogroma juga mengambil air di Wai Kating untuk keperluan adat. Diketahui mata air ini sudah dimanfaatkan sejak zaman nenek moyang mereka. (POS-KUPANG.COM, Ricko Wawo)

Nonton Videonya di Sini:

Penulis: Ricardus Wawo
Editor: Frans Krowin
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved