VIDEO: Pemuda Harus Digerakkan Lawan Human Trafficking

VIDEO: Pemuda Harus Digerakan untuk Melawan Human Trafficking. Pasalnya mafia memanfaatkan pemuda sebagai perekrut TKW/TKI dan akhirnya bermasalah.

VIDEO: Pemuda Harus Digerakkan Lawan Human Trafficking

POS-KUPANG. COM, KUPANG – VIDEO: Pemuda Harus Digerakkan untuk Melawan Human Trafficking.

Dialog dengan tema Selamatkan Generasi Muda NTT dari bahaya trafficking merupakan strategi dengan melbatkan para pemuda. Hal ini untuk mengatasi kondisi ketidakadilan bagi pemuda. Pasalnya, banyak pemuda jadi korban, juga sebagai pelaku.

Hal ini diungkapkan Pdt. Emi Sahertian saat dialog yang digelar KOMPAK, di Neo Hotel by Aston, Kamis (25/7/2019). Ia mengungkapkan itu menyoroti eksistensi pemuda yang mudah terjebak dalam banyak hal negatif.

Dikatakannya, dalam kasus human trafficking yang terjadi di NTT selama ini, perekrut lapangan adalah anak muda. Mereka direkrut oleh para mafia.

VIDEO: BaReLo Swissbelinn Kristal Hadirkan Menu Rice Bowl. Lezatnya

VIDEO: Informa Lippo Plaza Punya Banyak Promo Baru. Ayo, Buruan

VIDEO: Mobil Ferrari Portofino Photo Shoot di Sumba Timur

Bila para pemuda di setiap jenjang, menjadi pemain utama untuk melawan trafficking, maka mafia pasti goyah dan tak lagi merekrut pemuda. 

Saat ini, kata Pdt Emi, migrasi pekerja makin tren. Semuanya didominasi oleh pemuda. Mereka meninggalkan desanya dan desa menjadi pentas masa lalu.

Oleh karena itu pemain utama dari gerakan ini haruslah pemuda. Bila mereka mempunyai kekuatan untuk melawan, maka mafia dipastikan akan lenyap. 

Ia menyampaikan, gereja coba bekerja di hulu untuk mempersiapkan umat, bahwa mencari kerja adalah sebuah gerakan keadilan.

"Kita memberikan pemahaman bahwa menjadi TKI itu hak dan harus pulang dengan selamat. Saat pulang harus ada ambisi untuk membangun desa," tuturnya. 

Halaman
12
Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Frans Krowin
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved