VIDEO: Heri Gani Adukan KPU Ende Ke Bawaslu. Ada Apa?

VIDEO: Heri Gani, calon terpilih anggota DPRD Ende mengadukan KPU Ende Ke Bawaslu. Pasalnya, Heri dianulir saat penetapan anggota terpilih DPRD Ende.

VIDEO: Heri Gani Adukan KPU Ende Ke Bawaslu. Ada Apa?

POS-KUPANG.COM, ENDE – VIDEO: Heri Gani Adukan KPU Ende Ke Bawaslu. Ada Apa?

Gara-gara menganulir keberadaan Caleg PDIP dari Dapil II, atas nama Heribertus Gani, yang diganti dengan Hj Silviah Indra Dewa, KPU Ende diadukan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ende. Pengaduan itu dilakukan oleh DPC PDIP Ende, Rabu (24/7/2019).

Disaksikan POS-KUPANG.COM, pengurus DPC PDIP Ende mendatangi Bawaslu Ende siang. Saat itu mereka diterima Ketua Bawaslu Ende, Natsir Koten dan anggota Bawaslu, Maria Irene Ie, serta beberapa staf di sektariat bawaslu setempat.

VIDEO: Bahasa Tubuh dan Gaya Gentleman Prabowo Saat Bertemu Megawati, Keren Mas Bowo

VIDEO: Jimin BTS Hampir Lupa Menyanyikan Bagiannya, Lalu V BTS Lakukan Hal Ini, ARMY Langsung Ngakak

VIDEO: Penjualan Bendera Menjamur di Kota Kupang. Ini Harganya

Kepada Ketua Bawaslu, Juru Bicara DPC PDIP Ende, Vincen Sangu, mengatakan, DPC PDIP Ende datang ke Bawaslu untuk melaporkan KPU Ende. Pasalnya, KPU Ende dinilai sewenang-wenang menganulir caleg PDIP dari Dapil II, Heribertus Gani lalu menggantikannya dengan Hj Silviah Indra Dewa.

Apa yang dilakukan KPU Ende itu, tandas Vincen, merupakan  suatu pengingkaran terhadap demokrasi. Pasalnya, secara sepihak KPU melakukan pergantian keberadaan calon anggota DPRD Kabupaten Ende yang telah dipilih oleh rakyat untuk menjadi senator di lembaga legislatif setempat.

Vincen berharap agar Bawaslu Ende dapat menindaklanjuti laporan tersebut, sebagai suatu bentuk penghormtan terhadap demokrasi.

Vincen mengatakan, tindakan KPU yang mengganti calon terpilih anggota DPRD Ende, Heribertus Gani, merupakan pelanggaran terhadap kode etik.

Oleh karena itu, katanya, DPC PDIP Ende berharap Bawaslu Ende segera menindaklanjuti laporan tersebut hingga ke DKPP di Jakarta.

VIDEO: Satgas Yonmeks 741/GN Hijaukan Lokasi Rawan Longsor di Tapal Batas

VIDEO: Stop Kekerasan Pada Anak di Sumba Timur. Tuhan, Kau Mencintaiku

VIDEO: Parade Kuda Jadi Event Tetap di Sumba Barat Daya. Ini Penyataan Bupati

Menanggapi laporan dari DPC PDIP Kabupaten Ende, Ketua Bawaslu Kabupaten Ende, Natsir Koten, mengatakan Bawaslu pada prinsipnya menghargai dan menerima semua laporan masyarakat dan pengurus parpol, karena hal itu merupakan bagian dari demokrasi.

Laporan itu, lanjut dia, akan dipelajari terlebih dahulu. Setelah itu akan segera menyampaikan hasil verifikasi  kepada PDIP. “Kami pelajari dulu setelah itu kami akan menyampaikan hasilnya,” ujarnya.

Menurut dia, sebelum dilanjutkan ke DKPP di Jakarta, setidaknya DPC PDIP Ende harus melengkapi sejumlah berkas. Tapi itu bisa dilakuan setelah Bawaslu mempelajari dan mengkaji terlebih dahulu laporan tersebut.

“Yang pasti dokumen laporan diterima dan diregistrasi lalu diverifikasi oleh  Bawaslu Kabupaten Ende,” kata Natsir. (POS-KUPANG.COM, Romualdus Pius)

Nonton Videonya Di Sini:

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Frans Krowin
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved