Tak Satupun Raih Lima Kursi DPRD Sumba Barat, Parpol Harus Koalisi Usung Cabup-Cawabup

Partai politik harus berkoalisi agar memenuhi syarat untuk mengusung pasangan bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati Kabupaten Sumba Barat

Tak  Satupun Raih Lima Kursi DPRD Sumba Barat, Parpol Harus Koalisi Usung Cabup-Cawabup
POS-KUPANG.COM/ PETRUS PITER
komisioner KPU Sumba Barat, Sri Demu Alimina BR Bangun (kiribaju kuning) dan Niwayan Prawita Ariyani di kantor KPU SB, Jumat (2672019) komisioner KPU Sumba Barat, Sri Demu Alimina BR Bangun (kiribaju kuning) dan Niwayan Prawita Ariyani di kantor KPU SB, Jumat (2672019) 

Tak  Satupun Raih Lima Kursi DPRD Sumba Barat, Parpol Harus Koalisi Usung Cabup-Cawabup 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter

POS-KUPANG.COM | WAIKABUBAK- Partai politik harus berkoalisi agar memenuhi syarat untuk mengusung pasangan bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati Kabupaten Sumba Barat periode 2020-2025.

Hal itu karena tidak ada satupun partai politik peserta pemilu legislatif tahun 2019 yang dapat meraih 5 kursi DPRD Sumba Barat periode 2019-2024.

Karena itu untuk dapat mengusung calon bupati dan wakil bupati yang bertarung pada pilkalda kali ini maka partai politik harus berkoalisi.

Anggota komisoner KPU Sumba Barat, Sri Demu Alimina BR.Bangun dan Niwayan Prawita Ariyani di kantor KPU Sumba Barat, Jumat (26/7/2019).

Selain itu, partai politik dapat mengusung calon bila melalui penggabungan perolehan suara partai politik peserta pemilu tahun 2019 minimal mencapai 25 persen dari akumulasi perolehan suara sah pada pemilu legislatif dan melalui jalur independen minimal mencapai 10 persen dukungan masyarakat dan suara dukungan tersebut tersebar di 50 persen kecamatan se-Sumba Barat.

PDIP Sumba Timur Akan Ubah Pola Rekrutmen Untuk Pilkada 2020

Hotman Paris Ungkap Hubungan 6 Tahun Bersama dengan Artis Meriam Bellina, Begini Faktanya

Namun demikian, keduanya meminta masyarakat bersabar menunggu adanya penetapan PKPU tentang tahapan dan jadwal penyelenggaraan kepala daerah dan wakil kepala daerah tahun 2020. Harapan dalam waktu dekat ada sehingga memudahkan KPU Sumba Barat mulai melaksanakan pesta demokrasi itu.

Berikut hasil perolehan 25 kursi DPRD Sumba Barat oleh partai politik peserta pemilu 2019 yakni Gerindra 4 kursi, Golkar 4 kursi, PDIP 3 kursi, Nasdem 3, Dwmokrat 3, kursi, PKB 2 kursi, Perindo 2 kursi, PSI 1 kursi, Hanura 1 kursi, Berkarya 1 kursi dan PAN 1 kursi. (*)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved