Pernah Diteror "Fintech" Pinjaman Online Nakal? Laporkan ke Sini!

Banyak perusahaan fintech menawarkan pinjaman online dengan proses mudah sehingga membius masyarakat.

Pernah Diteror
KOMPAS.com/LABIB ZAMANI
Menkominfo Rudiantara seusai mengisi seminar nasional Fintech Goes To Campus di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah, Sabtu (9/3/2019). 

Pernah Diteror "Fintech" Pinjaman Online Nakal? Laporkan ke Sini!

POS-KUPANG.COM- Banyak perusahaan fintech menawarkan pinjaman online dengan proses mudah sehingga membius masyarakat. Namun tahukah kamu bahaya dari pinjaman online terutama dari perusahaan fintech liar atau nakal. 

Pada Februari 2019, Kementerian Komunikasi dan Informatika pernah mengeluarkan imbauan kepada publik untuk berhati-hati dalam memanfaatkan layanan financial technology atau pinjaman online nakal.

Jika merasa diteror, bisa melaporkannya ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) beserta bukti yang dimiliki. Caranya, melaporkan ke: https://konsumen.ojk.go.id/formpengaduan.

Berikut imbauan yang disampaikan Kemenkominfo pada Februari 2019: Kemenkominfo mengigatkan, agar memilih aplikasi pinjaman online menjamin keamanan data pribadi pelanggan.

Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas Kominfo, Ferdinandus Setu mengatakan, pihak penyedia pinjaman online memiliki kewajiban melindungi setiap data pelanggannya.

Kemenkominfo mengeluarkan imbauan ini juga untuk mengingatkan masyarakat untuk waspada aplikasi pinjaman online karena banyaknya masyarakat yang mengeluhkan pinjaman yang banyak masalah.

Laporan itu diterima sejak Oktober 2018. Selain itu, ada pula laporan yang disampaikan melalui situs aduankonten.id dan melalui Twitter @aduankonten.

Di Grup WA Perempuan ini Rela Digilir demi Bayar Utang Pinjaman Online Rp1 Juta, Fakta Sebenarnya?

Simak Ciri-Ciri Umum Pinjaman Online Ilegal, Agar Tidak Salah Pilih Sebelum Mengajukan

Kemenkominfo juga menuliskan, persekusi digital dan penyalahgunaan data pribadi pelanggan melanggar Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik dan Peraturan Menteri Kominfo Nomor 20 Tahun 2016 tentang Perlindungan Data Pribadi dalam Sistem Elektronik.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Diteror "Fintech" Pinjaman Online Nakal? Laporkan ke Sini!", https://nasional.kompas.com/read/2019/07/26/12533751/diteror-fintech-pinjaman-online-nakal-laporkan-ke-sini?page=all.
Penulis : Retia Kartika Dewi
Editor : Inggried Dwi Wedhaswary

Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved