Mau Tahu Hasil Akreditas Puskesmas di Matim. Ini Dia Hasilnya !

Komisi Akreditasi Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama yang bertugas melakukan survey13 Puskemas di Matim telah merumuskan hasil survey. Ini hasilnya

Mau Tahu Hasil Akreditas Puskesmas di Matim. Ini Dia Hasilnya !
POS-KUPANG.COM/ ARIS NINU
Tim Akreditasi Kemenkes RI sedang berada di salahs satu puskesmas di Kabupaten Matim saat melakukan survey pelayanan kesehatan. 

Mau Tahu Hasil Akreditas Puskesmas di Matim. Ini Dia Hasilnya !

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu

POS-KUPANG.COM | BORONG- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI melalui Direktorat Jenderal (Dirjen) Pelayanan Kesehatan  telah menurunkan tim ke Kabupaten Manggarai Timur (Matim).

Tim yang bernama Komisi Akreditasi Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama bertugas melakukan survey pada 13 Puskemas di Matim.

Kehadiran tim akreditasi ini bertujuan melakukan penilaian peningkatan mutu pelayanan agar sesuai dengan standar pelayanan.

Hasil akreditasi dari Tim Surveior Kemenkes RI yang dikirim Bupati Matim, Agas Andreas, S.H, M.Hum melalui Kabag Humas Setda Matim, Aleksius Rahman kepada POS-KUPANG.COM di Ruteng, Jumat (26/7/2019) siang menjelaskan, ada beberapa puskesmas di Matim yang mendapat akreditasi utama, madya dan dasar.

Puskesmas yang meraih akreditasi utama yakni Puskesmas Borong dan Mano.

Sedangkan puskesmas yang meraih akreditasi madya yakni Puskesmas, Elar, Lawir dan Benteng Jawa.

Untuk akreditas dasar, ujar Rahman, diraih Puskesmas Pota, Wae Lengga, Sita, Mukun dan Watu Gong.

Hidayat Nur Wahid: Orang yang Berpandangan Miring Terhadap Islam Karena Belum Paham

Gubernur Kalbar Ungkap Tarif Gadis Belia Jadi Pengantin Pesanan, Segini Tarifnya!

"Perlu saya tegaskan sesuai Permenkes semua puskesmas perlu diakreditas itu dalam rangka peningkatan mutu melalui perbaikkan- perbaikkan manajemen,kinerja dan resiko terrmasuk penilaian penyelenggaraan program atau kegiatan puskesmas. Tujuanya puskesmas bisa tingkat mutu. Aspek yang dinilai
tim akreditas biasanya administrasi,usaha kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perorangan atau pelayanan pasien. Jadi, hasil survey tim telah menetapkan hasil survey atas 13 puskesmas yang disurvey," papar Rahman.

Ia mengungkapkan, pada tanggal 29 Juli ini ada tim yang akan melakukan survey di Puskesmas Dampek dan Wukir

"Untuk 2019 ada lima puskesmas yang akan disurvey yakni Mbamba, Weleng, Colol, Tilir dan Lengko Ajang," papar Rahman.(*)

Penulis: Aris Ninu
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved