Korban Kebakaran, Minta Pemkab Sumba Barat Bangun Kembali Rumah Kampung Adat Ubu Bewi

Kampung Adat Ubu Bewi, tempat ritual Pasola terbakar, keluarga para korban minta bantuan Pemkab Sumbar

Korban Kebakaran, Minta Pemkab Sumba Barat Bangun Kembali Rumah Kampung Adat Ubu Bewi
POS-KUPANG.COM/ petrus Piter
warga korban kebakaran melihat-lihat sisa kebakaran dari pinggir kampung karena sedang berlangsung ritual adat oleh rato (tua adat) setempat.

Korban Kebakaran, Minta Pemkab Sumba Barat Bangun Kembali Rumah Kampung Adat Ubu Bew

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter

POS-KUPANG.COM | WAIKABUBAK- Keluarga korban kebakaran kampung adat Ubu Bewi, Desa Taramanu (bukan desa Praibakul), Kecamatan Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat Jumat (26/7/2019) meminta pemerintah membantu mempercepat pembangunan kembali tiga rumah adat di kampung Ubu Bewi,

Permintaan itu disampaikan keluarga Hiru Gaungu, Peti Robu dan Tuna Ledi. Tiga rumah adat di Kampung Bewi terbakar Kamis siang.

Permintaan tiga keluarga beralasan, karena kampung Ubu Bewi merupakan kampung adat pelaksanaan ritus adat pasola mengingat waktu pelaksanaan pasola tidak lama lagi.

Keluarga berharap pemerintah dapat memfasilitasi pembangunan tiga rumah adat itu  sehingga pelaksanaan lebih cepat selesai.

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Desa Taramanu, Marthen Koiki Hida di Desa Taramanu, Wanokaka, Sumba Barat, Jumat (26/7/2019) siang.

Tujuh Desa di TTU Rawan Pangan

Virgo Tak Punya Waktu untuk Pasangan, RAMALAN ZODIAK CINTA BESOK Sabtu 27 Juli 2019

Sebagai keluarga merasa prihatin dengan peristiwa naas yang menimpah kampung adat bersejarah di Wanokaka itu. Asesoris pasola, harta benda, pakaian dan lain-lain ludes terbakar tanpa satupun terselamatkan. Hal itu karena pada saat kejadian semua penghuni kampung termasuk dirinya sedang berada di sawah mempersiapkan lahan sawah untum musim tanam II.

Karena itu berharap pemerintah kabupaten dapat memberikan bantuan untuk pembangunan kembali rumah adat tersebut agar tidak menghambat pula pelaksanaan pasola mendatang. (*)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved