Hidayat Nur Wahid: Orang yang Berpandangan Miring Terhadap Islam Karena Belum Paham

Hidayat mengatakan mereka yang berpandangan seperti itu karena belum sepenuhnya memahami bahkan menafikan peran umat Islam Indonesia dalam sejarah per

Hidayat Nur Wahid: Orang yang Berpandangan Miring Terhadap Islam Karena Belum Paham
KOMPAS.com/JESSI CARINA
Hidayat Nur Wahid 

Hidayat Nur Wahid: Orang yang Berpandangan Miring Terhadap Islam Karena Belum Paham

POS KUPANG.COM -- Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) melihat masih ada pandangan miring elemen masyarakat Indonesia tentang Islam, karena kurangnya pengetahuan.

Hidayat mengatakan mereka yang berpandangan seperti itu karena belum sepenuhnya memahami bahkan menafikan peran umat Islam Indonesia dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia hingga sekarang.

Padahal, faktanya, umat Islam merupakan salah satu elemen besar di Indonesia yang punya peran besar bagi perjalanan sejarah Indonesia.

Baik saat mengusir penjajah, proses terbentukannya negara, perumusan dasar dan ideologi RI hingga kini.

"Contoh seperti keluarnya fatwa jihad Hadratussyekh KH. Hasyim Asy'ari pada peristiwa pertempuran 10 November 1945, kepada umat Muslim untuk keluar melawan penjajah," ujar HNW seperti dalam keterangan tertulisnya.

Kemudian, lanjut dia, keluarnya mosi integral pada 1950 yang digagas seorang ulama sekaligus politikus hebat masa itu Mohammad Natsir.

Mosi Integral Natsir tersebut merupakan peristiwa politik yang menjadi cikal bakal terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dari sebelumnya negara bagian atau Republik Indonesia Serikat (RIS).

"Masih banyak lagi peran-peran penting umat Islam, bahkan hingga kini peran serta kiprah umat Islam Indonesia masih terus mewarnai melalui ormas-ormas besar Islam seperti Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah," ujar HNW.

Dulu Jadi Bayi Teletubbies, Kini Beranjak Dewasa, Kabarnya Sudah Punya Anak!

Polisi Ungkap, Oknum Guru Madrah yang Cabuli Siswa Ancam Beli Nilai Jelek, Ancaman Hukuman Ditambah

Sang Anak Dikabarkan Pindah Keyakinan, Sunan Kalijaga Mengaku Tak Marah dengan Pilihan Salmafina

Hidayat mengatakan saat ini kedua ormas besar tersebut punya peran yang sangat besar dalam bidang pendidikan, kesehatan, kemasyarakatan dan lainnya.

Halaman
12
Editor: Alfred Dama
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved