Ibu Hamil Harus Rajin Kontrol ke Puskesmas Sekalian Dapat Paket Pertolongan Gizi

Berdasarkan data tahun 2018 Dinas Kesehatan Kota Kupang, Kecamatan Alak menempati urutan pertama penderita stunting

Ibu Hamil Harus Rajin Kontrol ke Puskesmas Sekalian Dapat Paket Pertolongan Gizi
POS KUPANG.COM/LAUS MARKUS GOTI.
Rudi Priyono Sekretaris Dinas Kota Kupang di ruang kerjanya, Rabu (24/7/2019). 

 Ibu Hamil Harus Rajin Kontrol ke Puskesmas Sekalian Dapat Paket Pertolongan Gizi

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Dinas Kesehatan Kota Kupang melalui Sekretaris, Rudi Priyono mengingatkan agar ibu hamil di Kota Kupang rajin mengontrol kesehatan dan kehamilan di Puskesmas.

"Dinkes terus mendorong agar para ibu hamil rajin cek kesehatannya juga janin atau bayinya," ungkap Rudi Priyono kepada POS-KUPANG.COM, Rabu (24/7/2019) di ruang kerjanya.

Rudi menjelaskan, di Puskesmas ibu-ibu hamil juga bisa mendapatkan paket pertolongan gizi, antara lain, vitamin A, zat besi, mineral mix sebagai pengatur metabolisme tubuh.

Lanjutnya, dorongan dan motivasi oleh Dinas Kesehatan Kota Kupang dan lintas sektor sebagai upaya untuk mengatasi masalah gizi di Kota Kupang sekaligus upaya untuk mencegah stunting.

Berdasarkan data tahun 2018 Dinas Kesehatan Kota Kupang, Kecamatan Alak menempati urutan pertama penderita stunting terbanyak di Kota Kupang, yakni mencapai 1.140 orang.

Sementara jumlah seluruh penderita stunting di Kota Kupang mencapai 3. 462 atau 23,7%. "Nanti untuk tahun 2019nya kita rilis akhir tahun. Jika kita membandingkan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini jumlah penderita stunting menurun," ungkapnya.

Menurutnya belum diketahui secara pasti mengapa penderita stunting terbanyak ada di Kecamatan Alak. "Saya kira ini perlu dilakukan studi untuk mencari tau kenapa banyak penderita stunting di Alak. Yah tentu ada macam-macam faktor, tapi untuk tau persis memang perlu dilakukan studi," ungkapnya.

Binaan Pelita Rebut Piala Bergilir Kakanwil Kemenag Nusa Tenggara Timur

Suami Asal Palembang Aniaya Istri Gara Gara Pelakor Ini

Hari Ini Tim Sepak Bola Malaka U-12 Terbang ke Jakarta Berlaga di Level Nasional Danone Cup

Disbudpar Kabupaten TTU Gelar Festival Band

Ramalan Zodiak Kamis, 25 Juli 2019 Ada Yang Gengsi Bilang Cinta Pisces Cinta Mengalir Libra Jujur

Rudi menjelaskan pada tahun 2013 jumlah penderita stunting di Kota Kupang mencapai 36,7 persen dan seiring berjalan upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Kupang, Dinas Kesehatan dan berbagai stakehokder terkait sampai tahun 2018 jumlah menurun menjadi 23,7%.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Laus Markus Goti)

Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved