VIDEO: Satgas Yonmeks 741/GN Hijaukan Lokasi Rawan Longsor di Tapal Batas

VIDEO: Satgas Yonmeks 741/GN Hijaukan Lokasi Rawan Longsor di Tapal Batas RI-Timor Leste, di Kecamatan Kobalima, Kabupaten Malaka, NTT.

VIDEO: Satgas Yonmeks 741/GN Hijaukan Lokasi Rawan Longsor di Tapal Batas

POS KUPANG.COM, BETUN -- VIDEO: Satgas Yonmeks 741/GN Hijaukan Lokasi Rawan Longsor di Tapal Batas.

Anggota Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/GN Pos Ailala, melaksanakan penghijauan dengan menanam anakan bambu di wilayah yang rawan longsor.

Dalam aksi peduli lingkungan itu, mereka menanam 350 anakan bambu di sejumlah tempat yang rawan longsor di Dusun Lalimaren dan Dusun Tamankakaluk, Desa Kotabiru  dan di Dusun Lakuran, Desa Alas Utara, Kecamatan Kobalima Timur, Kabupaten Malaka.

Hal itu diungkapkan Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/GN Mayor (Inf) Hendra Saputra, S.Sos., M.M., M.I.Pol kepada POS-KUPANG.COM, Selasa (23/7/2019).

VIDEO: Stop Kekerasan Pada Anak di Sumba Timur. Tuhan, Kau Mencintaiku

VIDEO: 3 Petinju Indonesia Kalah di Turnamen Piala Presiden di Labuan Bajo

VIDEO: Parade Kuda Jadi Event Tetap di Sumba Barat Daya. Ini Penyataan Bupati

Dikatakannya, penghijauan tersebut telah dilaksanakan, Senin (22/7/2019) di wilayah binaan Pos Ailala. Kegiatan itu dipimpin oleh Sertu Yudi Pramono.

Mayor Hendra mengungkapkan, kawasan Desa Alas Utara dan Desa Kota Biru, sering dilanda tanah longsor saat curah hujan tinggi. Material longsor itu sering menutup jalan sehingga mengganggu akses transportasi di jalan utama yang menghubungkan Kabupaten Malaka - Kabupaten Belu.

Merasa peduli dengan kondisi tersebut, Satgas Yonif Mekanis 741/GN Pos Ailala bergerak untuk melaksanakan penghijauan dengan menanam bibit bambu 350 anakan di titik titik longsor. TNI memilih tanaman bamboo, karena selain murah, tanaman bambu juga mampu mencegah longsor. 

VIDEO: Untuk Pertama Kalinya, Pastor Beri Sakramen Komuni Bagi Kaum Difabel

VIDEO: Mata Air Kalela Jadi Andalan Warga 5 Desa di Sumba Timur

VIDEO: Jimmi Sianto Sebut Dinsos NTT Gagal

"Kami menanam anakan bambu di titik yang sering longsor. Harapan kami dengan adanya penghijauan ini, bisa mencegah terjadinya tanah longsor di kawasan Desa Kotabiru dan Alas Utara," ujar Mayor Hendra.

Dia mengharapkan, pasca penghijauan itu dapat mengurangi bencana longsor di wilayah tersebut. Selain itu, membawa manfaat bagi warga setempat. (POS KUPANG.COM, Teni Jenahas)

Nonton Videonya Di Sini:

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Frans Krowin
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved