Ibu Muda Melahirkan di Atas Perahu Saat Terjadi Kebakaran di Jambi, Simak Kisahnya

Seorang ibu muda Melahirkan di Atas Perahu Saat Terjadi Kebakaran di Jambi, Simak Kisahnya

Ibu Muda Melahirkan di Atas Perahu Saat Terjadi Kebakaran di Jambi, Simak Kisahnya
KOMPAS.com/TRIBUN JAMBI/ABDULLAH USMAN
Nia (19) bersama bayinya yang selamat saat terjadinya kebakaran di Nipah Panjang, Tanjab Timur, Jambi (23/7/2019). Nia melahirkan di atas perahu saat warga berusaha mengevakuasinya. 

Seorang ibu muda Melahirkan di Atas Perahu Saat Terjadi Kebakaran di Jambi, Simak Kisahnya

POS-KUPANG.COM - Musibah kebakaran yang terjadi di permukiman padat penduduk di Kelurahan Nipah Panjang Satu, Kecamatan Nipah, Jambi, Selasa (23/7/2019), setidaknya menghanguskan 10 rumah warga.

Susutnya air sungai di sekitar lokasi juga menjadi kendala petugas pemadam kebakaran untuk mengendalikan si jago merah. Namun, disaat suasana hiru pikuk warga sedang memadamkan si jago merah yang terus membesar dan membakar rumah warga.

Mabes Polri Sebut 2 Orang Masih Hilang Saat Kerusuhan 21-22 Mei 2019

Nia (19), seorang ibu muda melahirkan seorang bayi berjenis kelamin laki-laki dengan dibantu seorang dukun kampung tepat di atas pompong perahu kecil saat hendak dievakuasi.

Sejatinya Nia hendak dievakuasi warga ke lokasi yang lebih aman mengingat dalam keadaan mengandung usia tua. Namun, ibu muda tersebut merasakan nyeri pada bagian perut.

Truk dan Mobil Terguling ke Lubang Underpass Kentungan, Ini Penjelasan Penanggung Jawab Proyek

Melihat keadaan tersebut, warga langsung meletakan ibu muda itu di sebuah pompong serta memanggil seorang dukun kampung.

Sugianto warga sekitar yang berada di lokasi saat proses persalinan darurat mengatakan, proses persalinan yang berjalan dramatis dan haru tersebut terjadi sekitar pukul 11.30 WIB.

Saat itu kondisi api dalam keadaan besar dan suasana riuh warga yang berusaha memadamkan api.

"Tidak tahu pasti juga dari rumah mana Ibu itu, yang jelas saat dievakuasi ibu tadi langsung kontraksi dan tidak ada pilihan selain persalinan darurat di kapal. Dibantu dengan dukun beranak di kampung," ujarnya.

Dikatakannya, ibu muda tersebut bernama Nia, (19) merupakan warga Nipah Panjang alamat Lorong Nelayan no 1 Kelurahan Nipah Panjang Satu, Kecamatan Nipah Panjang, Tanjung Jabung Timur, Jambi.

Dari persalinan tersebut, ibu muda tersebut melahirkan seorang anak laki-laki dengan berat badan 3 kilogram, dan lahir dalam kondisi selamat.

Sementara itu, setelah melahirkan sang putra ibu muda tersebut langsung mendapatkan pertolongan lebih lanjut dari pihak terkait.

Sementara itu, Nia ketika dikonfirmasi menuturkan, saat kejadian kebakaran, perutnya mulai terasa sakit saat proses evakuasi dilakukan dan langsung menuju pompong yang merupakan lokasi terdekat.

"Ya ketika berada di kepompong itu sudah terasa sangat sakit, dan tidak tahan akhirnya lahir di pompong," ujarnya dengan kondisi sedikit lemas. (Kompas.com/Candra Setia Budi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kisah Ibu Muda Melahirkan di Atas Perahu Saat Terjadi Kebakaran di Jambi",

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved