Distan Ende Target Pemberian SAR Pada 60 Ribu Anjing

SAR dilakukan secara menyeluruh ke semua wilayah di Kabupaten Ende yang memiliki populasi anjing minus Kecamatan Pulau Ende

Distan Ende Target Pemberian SAR Pada 60 Ribu Anjing
YOUTUBE/CAPTURE
Ilustrasi digigit anjing rabies. 

Distan Ende Target Pemberian SAR Pada 60 Ribu Anjing

POS-KUPANG.COM|ENDE--- Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Ende menargetkan pemberian vaksin atau Serum Anti Rabeis (SAR) kepada anjing di Kabupaten Ende selama tahun 2019 sebanyak 51 ribu hingga 60 ribu ekor anjing dan kebutuhan SAR diadakan sesuai dengan populasi anjing yang ada.

Kepala Dinas (Kadis) Pertanian dan Peternakan Kabupaten Ende, Ir. Marianus Alexander mengatakan hal itu kepada Pos Kupang, Rabu (24/7/2019) di Ende ketika dikonfirmasi mengenai persediaan SAR di Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Ende.

Menurut Marianus pemberian SAR dilakukan secara menyeluruh ke semua wilayah di Kabupaten Ende yang memiliki populasi anjing minus Kecamatan Pulau Ende yang memang tidak memiliki anjing.

Marianus mengatakan bahwa pemberian SAR kepada anjing merupakan upaya yang pertama untuk mencegah penyebaran virus rabies melalui anjing karena anjing merupakan penyebar utama penyakit rabies selain kucing dan kera.

Atasi Stunting, OPD Kemakmuran Harus Bisa Terjemahkan Program Gubernur

Ini yang Dilakukan Anggota Satgas Yonmeks 741/GNdi Daerah Rawan Longsor

Cegah Rabies Di Ende Bukan Dengan Eliminasi

“Hewan penular rabies selain anjing ada juga kera dan kucing namun populasi anjing paling banyak dan anjing dekat dengan manusia sehingga rentan terjadi penularan penyakit rabies maka harus diberikan suntikan VAR guna mencegah penyebaran penyakit rabies,”kata Marianus.(Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Romualdus Pius)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved