RSUD Umbu Rara Meha Waingapu Tidak Turun Kelas! Ini Alasanya

persiapan RSUD Umbu Rara Meha Waingapu sejauh ini sangat baik sehingga saat evaluasi tidak mengalami turun kelas.

RSUD Umbu Rara Meha Waingapu Tidak Turun Kelas! Ini Alasanya
POS KUPANG/JOHN TAENA
Direktur RSUD Umbu Rara Meha, dr. Lely Harakai 

 RSUD Umbu Rara Meha Waingapu Tidak Turun Kelas! Ini Alasanya

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU---Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Umbu Rara Meha Waingapu yang merupakan milik Pemerintah Daerah Kabupaten Sumba Timur yang ada di Pulau Sumba, Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) itu luput dari penurunan kelas oleh Kementerian Kesehatan RI  berdasarkan hasil review yang dilakukan oleh pihak Kemenkes secara online.

RSUD Umbu Rara Meha Waingapu memiliki status tipe C itu, tidak mengalami penurunan kelas.

Direktur RSUD Umbu Rara Meha Waingapu Dokter Lely Harakai, M.Kes ketika dikonfirmasi POS-KUPANG.COM, Selasa (23/7/2019) mengaku RSUD yang dinakhodainya itu tidak mengalami penurunan kelas atau tipe setelah dievaluasi dari pihak Kemenkes RI.

Kata dia, tidak turun tipe karena, persiapan RSUD Umbu Rara Meha Waingapu sejauh ini sangat baik sehingga saat evaluasi tidak mengalami turun kelas.

"Dilakukan evaluasi terhadap SDM dan sarana-prasarana yang ada di rumah sakit dan semuanya menunjang,"ungkap Dokter Lely.

Terkait jumlah SDM, jelas Dokter Lely seperti dokter ahli atau spesial di RSUD umbu Rara Meha, berjumlah tujuh belas orang dokter dimana ada dasar dan penunjang.

Dijelaskan dokter Lely, untuk dasar ada empat macam yakni dokter ahli penyakit dalam, ahli beda, alih anak, dan opsin. Sedangkan, untuk penunjang yakni Anistesi, Radiologi, Patologi Klinik, Patologi Anatomi, dan Rehap Medik, serta dokter spesialis lainya.

"Tapi untuk kita yang rumah sakit berstatus tipe C itu minimal, kita memenuhi dasar sama penunjang dan kita penuhi dasar dan penunjang itu. Tapi kita juga punya tambahan dokter spesialis lainya ada spesialis paru dan dokter spesialis syaraf itu kan tambahan lainya,"jelas dokter Lely.

Mesin Pompa Air Di PDAM Ende Rusak

PLN Siap Sukseskan Event Internasional Tinju Dunia

Beri Harapan Baru bagi Masyarakat Pulau Seraya, PLN Hadirkan PLTS di Labuhan Bajo

Enam Lokasi Wisata Favorit di Sumba Cuacanya Cerah

Dokter Lely juga mengatakan, pihaknya akan optimis RSUD Umbu Rara Meha akan ditingkatkan menjadi tipe B.

"Kita optimislah ya, ndak ada pilihan. Tentunya ini juga butuh dukungan dan kerja keras oleh banyak pihak. Sebab untuk dinaikan status menjadi tipe B harus lebih banyak lagi dokter spesialis,"kata dokter Lely. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved