Elvianus Wairata: Pembangunan Pariwisata di Kota Kupang Sebuah Agenda Besar

Pejabat Sekda Kota Kupang, Elvianus Wairata menyebut pembangunan pariwisata di Kota Kupang merupakan sebuah agenda besar

Elvianus Wairata:  Pembangunan Pariwisata di Kota Kupang Sebuah Agenda Besar
Humas Pemkot Kupang
Pejabat Sekda Kota Kupang Elvianus Wairata bersama para narasumber dalam Rapat Koordinasi Dinas Pariwisata Kota Kupang di Hotel Naka, Kota Kupang, Rabu (2372019). 

Elvianus Wairata:  Pembangunan Pariwisata di Kota Kupang Sebuah Agenda Besar

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Laus Markus Goti

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Pejabat Sekda Kota Kupang, Elvianus Wairata menyebut pembangunan pariwisata di Kota Kupang merupakan sebuah agenda besar, apalagi Kota Kupang sangat strategis sebagai ibukota Provinsi NTT.

Hal itu dikatakan Elvianus dalam kegiatan Rapat Koordinasi (Rapat koordinasi) antara pemerintah dan sektor pendukung kepariwisataan se-Kota Kupang, Selasa (23/7/2019) bertempat di Hotel Naka, Kupang.

Menurutnya sektor kepariwisataan harus benar-benar dibenahi. "Sinergitas lintas sektoral dalam pengembangan pariwisata di Kota kupang memerlukan peran pemerintah dan pelaku usaha sebagai sektor pendukung untuk menciptakan pariwisata yang kondusif sesuai tema hari ini” ujarnya.

Ia menjelaskan kebijakan pembangunan dewasa ini diarahkan untuk mengembalikan hak-hak dasar masyarakat dengan menempatkan masyarakat sebagai pelaku utama dari berbagai pembangunan. Sedangkan pemerintah, berperan sebagai fasilitator.

"Pemerintah memfasilitasi masyarakat, mendampingi, membina serta mencermati berbagai persoalan yang dihadapi seraya memberikan bantuan pembinaan serta fasilitas yang memadai dalam upaya memandirikan masyarakat," ungkapnya.

TKI Asal NTT Kabur Dari Tempat Kerja, Jalan Kaki 19 Hari Hingga Ditemukan Warga di Kapuas Hulu

Rapat koordinasi tersebut, kata dia, bermakna bahwa upaya-upaya pengembangan usaha jasa dibidang kepariwisataan di Kota Kupang diarahkan untuk mewujudkan Kota Kupang sebagai kota wisata yang berkualitas da berdaya saing.

Sementara itu, Plt. Kadis Pariwisata Kota Kupang, Dra. Thruice Balina Oey, M.Si, dalam kesempatan itu menegaskan berbagai pihak perlu terlibat aktiv untuk membangun pariwisata di Kota Kupang.

Menurutnya, semua unsur dalam masyarakat, pemerintah dan pihak keamanan harus bersinergi menciptakan Kota Kupang yang aman. "Kita ingin agar Kota Kupang ini bebas dari kekerasan, narkoba dan seks bebas. Kalau aman tentu orang yang datang pasti nyaman di Kota Kupang," ungkapnya.

Bukit Tandus Dimakan Api, Hilang Daya Magis Tanjung Kajuwulu

Rakor ini menghadirkan narasumber dari Dinas Pariwisata Kota Kupang, Kantor Kementerian Hukum dan HAM Provinsi NTT, Kepolisian Resort Kupang Kota dan Dekranasda Kota Kupang.

Peserta yang hadir berasal dari instansi pemerintah daerah, TNI/POLRI, BUMN, lembaga-lembaga pemerintah, lembaga pendidikan, serta dari sektor usaha hiburan dan jasa di Kota Kupang.

Kegiatan yang bertemakan 'Membangun Pariwisata Yang Kondusif' tersebut bertujuan untuk saling memberikan masukkan berupa usul dan saran serta pendapat dalam rangka membangun pariwisata yang kondusif.

Disamping itu pelaksanaan kegiatan rapat koordinasi diharapkan juga dapat mengembangkan dan meningkatkan usaha-usaha yang berkaitan dengan kepariwisataan.

Format kegiatan berupa pemaparan atau penyampaian materi oleh para narasumber yang dilanjutkan dengan sesi diskusi berupa usul saran dan pendapat dari para peserta rapat koordinasi.(*)

Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved