Puskesmas Lindi Gelar Posbindu di Polindes Mok, Ini Rangkaian Kegiatannya!

strategi pembangunan kesehatan masyarakat yaitu tujuh puluh persen promotiv preventif dan tiga puluh persen kuratif rehabilitatif.

Puskesmas Lindi Gelar Posbindu di Polindes Mok, Ini Rangkaian Kegiatannya!
Thinkstockphotos
Thinkstockphotos Ilustrasi 

Puskesmas Lindi Gelar Posbindu di Polindes Mok, Ini Rangkaian Kegiatannya!

POS-KUPANG.COM | BAJAWA -- Puskesmas Lindi di Kecamatan Riung Barat Kabupaten Ngada melaksanakan kegiatan Pos Binaan Terpadu (Posbindu) di Polindes Mok Desa Benteng Tawa I Kecamatan Riung Barat, Sabtu (20/7/2019).

Kepala Puskesmas Lindi, Thomas Aquino Seno Mari, menjelaskan, pusat kesehatan masyarakat yang selanjutnya disebut Puskesmas sebagai ujung tombak dalam pembangunan kesehatan masyarakat.

Puskesmas harus memainkan strategi pembangunan kesehatan masyarakat yaitu tujuh puluh persen promotiv preventif dan tiga puluh persen kuratif rehabilitatif.

Thomas menjelaskan kegiatan pos binaan terpadu (Posbindu) sebagai kegiatan promosi dan pencegahan kesehatan kepada masyarakat, agar masyarakat secara dini mengetahui status kesehatannya.

Pria yang akrab disapa Qino ini menjelaskan hal-hal yang dilakukan pada saat Posbindu yakni pemeriksaan kolestrol, asam urat, gula darah, tekanan darah dan iva atau sadani.

Qino membeberkan, warga Benteng Tawa 1 yang teregistrasi dalam pemeriksaan 110 orang. Dari hasil pemeriksaan ini terdeteksi kolestrol 2 orang, asam urat 26 orang, gula darah 1 orang, tekanan darah 7 orang dan iva atau sadani 50 orang.

Lanjut Qino, ketika dilakukan pemeriksaan dalam kegiatan Posbindu ini masyarakat Benteng Tawa 1 bisa mengetahui status kesehatannya.

Qino menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada yang tinggi kepada kepala desa Benteng Tawa 1 yang telah mendukung kegiatan Posbindu dengan mengadakan alat-alat pemeriksaan dari dana desa.

Yuk Simak Perkiraan BMKG, Terkait Cuaca Aktual Penerbangan di Bandara El Tari

Tiga Pulau dan Satu Daerah di NTT Ini Berpotensi Terjadi Kebakaran Lahan atau Hutan. Waspada lah!

24 Orang Anak Operasi Bibir Sumbing Gratis Bantuan Dari ASDP

"Dengan kegiatan Posbindu ini masyarakat disini sudah bisa tau status kesehatannya. Sehingga mereka bisa mengatur pola hidup, makan, istirahat dan olahraga. Kegiatan ini bisa berjalan berkat respons kades Benteng Tawa 1 yang sangat mendukung dengan pembelian alat-alat untuk pemeriksaan," ujarnya.(Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Gordi Donofan)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved