Gempa Magnitudo 5,1 Guncang Maluku, Ini Penjelasan BMKG Stasiun Ambon

Peristiwa Gempa Bumi Magnitudo 5,1 Guncang Maluku, Ini Penjelasan BMKG Stasiun Ambon

Gempa Magnitudo 5,1 Guncang Maluku, Ini Penjelasan BMKG Stasiun Ambon
KOMPAS.com/USGS
Rekaman kejadian gempa yang dicatat oleh USGS di wilayah Maluku dan sekitarnya. 

Peristiwa Gempa Bumi Magnitudo 5,1 Guncang Maluku, Ini Penjelasan BMKG Stasiun Ambon

POS-KUPANG.COM | AMBON - Gempa berkekuatan 5,1 magnitudo mengguncang Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku, Senin (22/7/2019). Gempa bumi terjadi sekitar pukul 13.08 Wita.

Data yang diterima Kompas.com dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) Stasiun Ambon menunjukan episentrum gempa berada pada titik koordinat 3.29 lintang selatan dan 130.99 bujur timur.

45 Orang Terluka Saat Massa Pengunjuk Rasa Diserang di Stasiun Hong Kong

Adapun, lokasi gempa berjarak 58 kilometer timur Bula, Seram Bagian Timur dan 130 kilometer timur Kobisonta, Maluku Tengah, dengan kedalaman 12 kilometer di bawah permukaan laut.

Hingga kini, belum ada laporan resmi mengenai dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. Namun, BMKG memastikan gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Sejumlah warga Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur yang dihubungi dari Ambon mengaku, merasakan getaran gempa selama beberapa detik.

Ini yang Dilakukan KPK Terkait Pencegahan Korupsi di Papua dan Papua Barat

"Tadi getarannya sekitar 3-5 detik. Tapi tidak terlalu kuat," kata Hanifa salah seorang warga. Mukhlis warga lainnya yang dihubungi Kompas.com mengatakan, dia sempat keluar dari rumah saat gempa terjadi.

"Saya langsung keluar dari rumah, takut saja jangan sampai terjadi sesuatu" ujar Mukhlis.

Provinsi Maluku merupakan salah satu daerah rawan gempa di Indonesia. Sebab, Maluku berada pada pertemuan tiga lempeng besar yakni Indo Australia, Eurasia dan Pasifik.

Lempeng Indo Australia masuk ke bawah Eurasia lalu bertemu Lempeng Pasifik. Pertemuan kedua lempeng tersebut menyebabkan terjadi patahan yang tidak beraturan, sehingga kerap memicu terjadinya gempa di wilayah Maluku. (Kompas.com/Rahmat Rahman Patty)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gempa Magnitudo 5,1 Guncang Maluku, Tak Berpotensi Tsunami",

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved