Gempa Bumi di Halmahera Selatan, Sebanyak 26 Sekolah Rusak

Akibat Kejadian Gempa Bumi di Halmahera Selatan, Sebanyak 26 Sekolah rusak

Gempa Bumi di Halmahera Selatan, Sebanyak 26 Sekolah Rusak
KOMPAS.COM
Ilustrasi gempa 

Akibat Kejadian Gempa Bumi di Halmahera Selatan, Sebanyak 26 Sekolah rusak

POS-KUPANG.COM | TERNATE - Sebanyak 26 bangunan sekolah mengalami kerusakan akibat gempa bumi bermagnitudo 7,2 di Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara pada Minggu (14/07/2019) lalu.

Dari 26 sekolah tersebut terdiri dari sekolah dasar (SD) 19 unit dan SMP sebanyak 7 unit. Kerusakan tersebut tersebar di 21 desa di 5 kecamatan.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Halmahera Selatan, Nurlela Muhammad ketika dihubungi Kompas.com mengatakan, untuk saat ini belum dapat dikategorikan mana sekolah yang mengalami rusak ringan, sedang dan berat karena masih butuh kajian.

Sejumlah Mahasiswa Diamankan karena Berencana Bakar Ban Saat Unjuk Rasa

"Itu nanti ada tim tehnik yang akan melakukan menghitung itu, mengklasifikasikan mana rusak ringan dan berat, dan besok itu akan dimulai," kata Nurlela ketika dihubungi via telepon, Senin (22/07/2019).

Nurlela mengakui untuk saat ini para siswa masih mengalami trauma akibat gempa, sehingga proses belajar belum dapat dilakukan maksimal.

BREAKING NEWS: Polisi Bekuk Pelaku Penipuan dan Penggelapan di Kabupaten Alor

Untuk itu, saat ini para siswa masih diberikan untuk mengikuti trauma healing. "Guru kita kirim relawan hanya saat ini belum ke kurikulum karena masih trauma," kata Nurlela.

Untuk sekolah-sekolah katanya yang mengalami kerusakan total maka untuk sementara waktu akan dibuatkan tenda, sedangkan jika masih ada ruang kelas yang tidak roboh maka dapat memaksimalkan ruang yang ada. "Intinya yang penting bisa belajar," kata Nurlela lagi. (Kompas.com/Fatimah Yamin)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sebanyak 26 Sekolah Rusak Akibat Gempa Bumi di Halmahera Selatan",

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved