Veronika dan Paulina Senang Ikut Kegiatan Pemeriksaan Kesehatan, Pencegahan Kanker Payudara

Veronika Leha dan Paulina Daung ikut kegiatan pemeriksaan kesehatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Benteng Tawa I Kecamatan Riung Barat Ka

Veronika dan Paulina Senang Ikut Kegiatan Pemeriksaan Kesehatan, Pencegahan Kanker Payudara
Istimewa
Ket: Suasana kegiatan pemeriksaan kesehatan di Desa Benteng Tawa I Kecamatan Riung Barat Kabupaten Ngada, Sabtu (20/7/2019). 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Gordi Donofan

POS-KUPANG.COM | BAJAWA -- Veronika Leha dan Paulina Daung ikut kegiatan pemeriksaan kesehatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Benteng Tawa I Kecamatan Riung Barat Kabupaten Ngada.

Veronika Leha dari Dusun Rio Minsi I dan Paulina Daung dari Dusun Mbazang Desa Benteng Tawa Kecamatan Riung Barat.

Keduanya mengaku senang dengan kegiatan pemeriksaan kanker payudara dan kanker serviks. Mereka mengaku sangat puas dengan hasil pemeriksaan karena memang sebelumnya belum pernah melakukan pemeriksaan kesehatan.

"Semoga kegiatan ini harus menjadi kegiatan rutin Puskesmas Lindi dan Desa Benteng Tawa I," ujar Veronika, Minggu (21/7/2019).

Suami Bunuh Istri dengan 60 Tikaman, Hal ini Jadi Pemicu Amarah Suami

Mantan Wartawan Pos Kupang Pius Rengka Siap Pimpin KIP NTT, Ini Profilnya

Sementara Paulina Daung mengaku senang karena bisa ikut mendengarkan penjelasan sebelum laksanakan pemeriksaan.

Paulina mengatakan kesehatan harus menjadi hal yang pertama. Karena jika sakit pasti akan menghambat semua pekerjaan yang telah dilaksanakan.

Sementara Bidan Koordinator Puskesmas Lindi, Margretha Zaun, mengatakan ibu-ibu tidak boleh malu dan merasa tabu dengan pemeriksaan kanker serviks dan payudara.

PSIS Semarang vs Persib Bandung, Pangeran Biru Tampil Tanpa Febri Hariyadi, Ini Kata Robert Alberts

"Kita harus memberanikan diri dan hilangkan sugesti-sugesti pribadi yang tidak jelas yang hanya menghambat kita untuk melakukan pemeriksaan di fasilitas kesehatan. Jika kita sudah menderita kanker payudara dan serviks sampai pada kematian, maka semua orang akan tau penyebab kita meninggal," ujarnya.

Ia menjelaskan kita mesti sejak dini mengetahui gejala, bahaya dan cara pencegahan kanker payudar dan kanker serviks.

"Kita tidak usah merasa malu dan tabu untuk rutin melakukan pemeriksaan kanker payudara dan serviks" ujarnya.

Kepala Desa Benteng Tawa I, Yoseph Panas, mengatakan ibu-ibu harus mendapatkan pertolongan dan kesehatannya harus diperhatikan. Tidak boleh diabaika. Deteksi dini lebih baik sehingga segera dilakukan pengobatan.

"Kalian yang mengikuti pemeriksaan ini adalah orang-orang beruntung. Karena bisa mengetahui apakah diri anda terdiagnosa dan berpotensi menimbulkan kanker payudara dan serviks, dan diri anda bebas kanker payudara dan serviks" ujarnya. (*)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved