Kepala Bidang Pembinaan SMA NTT Pembangunan Ruang Media dan Pelaksanaan PLS di SMA 5 Kota Kupang

Kepala Bidang (Kabid) Dinas Pendidikan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Pius Rasi memantau pembangunan ruang media serta pelaksanaan kegiatan Pen

Kepala Bidang Pembinaan SMA NTT Pembangunan Ruang Media dan Pelaksanaan PLS di SMA 5 Kota Kupang
POS-KUPANG.COM/LAUS MARKUS GOTI.
Pelaksanaan Masa Orientasi Pramuka di SMA 5 Kota Kupang, Jumat (19/7/2019). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Laus Markus Goti

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Kepala Bidang (Kabid) Dinas Pendidikan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Pius Rasi memantau pembangunan ruang media serta pelaksanaan kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) di SMA 5 Kota Kupang, Jumat (19/7/2019).

Pius didampingi oleh Kepala SMA 5, Veronika Wawo awalnya memantau pembagunan ruang media yang terletak di halaman depan sekolah. Ruang tersebut, kata Veronika, merupakan akan dijadikan ruangan komputer dan akan didesain lebih ceria dan menarik.

Ia menjelaskan, kondisi ruang komputer lama memerihatikan, plafon sudah bergelantungan dan banyak retakan pada dinding. Selain itu ruang komputer lama dinilai sempit, sehingga perlu dibangun ruang yang baru. Sementara ruang komputer lama akan dijadikan ruang kelas.

Menurutnya, saat ini proses pembangunan berjalan cukup lancar. "Sekarang sudah pasang keramik. Kita targetkan pembangunan ruas kelas ini bisa selesai akhir Juli 2019. Kita berupaya menata ruangan komputer yang baru agar lebih menarik baik dari tata ruang, meja komputer dan fasilitas pendukungnya," ungkap Veronika.

Tim Sepak Takraw Putri NTT Siap Tanding di Pra PON XX 2019 di Kalimantan Utara

Film Berjudul Salam Karya Mahasiswa Universitas Timor Raih Juara Umum FFMI 2019

Ia mengatakan, sumber dana pembangunan ruang seluas 16x8 Meter itu berasal dari sumbangan orangtua yang sudah melalui rapat pihak sekolah dan orangtua. "Rencananya kita akan adakan 40, unit komputer. Saat ini sudah ada 16 unit, itu bantuan dari Dinas Pendidikan Provinsi NTT," ungkapnya.

Menurutnya, pengadaan komputer dan pembagunan ruang media sangat mendesak terutama untuk mendukung proses belajar siswa-siswi. "Apalagi kita sekarang sudah memasuki era digital, jadi fasilitas seperti komputer, internet sangat dibutuhkan," ungkapnya.

Disinggung soal komputer-komputer yang lama, Veronika mengatakan, komputer yang lama ada 40 unit namun yang masih bisa digunakan hanya enam unit, sisanya dalam kondisi rusak.

Sementara itu, Kabid Pembinaan SMA NTT, Pius Rasi, di sela-sela kunjungannya itu mengatakan ia mendukung agar proses pembangunan gedung media bisa cepat selesai. Ia juga meminta agar halaman depan SMA 5 Kota Kupang ditata lebih menarik.

Selain itu, ia menegaskan pihak sekolah mesti mendokumentasikan semua proses pembangunan gedung baru dan bangunan yang rusak termasuk fasilitasnya. "Nah seperti ini ruang komputer yang lama ini, nanti ini didokumentasikan. Jadi biar kita tau persis apa-apa yang perlu dibenahi," ungkap Pius.

Usai memantau pembangunan ruang media dan ruang komputer lama, Pius memantau siswa-siswi baru yang tengah melaksanakan PLS di halaman sekolah dan saat ini sudah memasuki tahap MOP atau Masa Orientasi Pramuka.

Data yang dihimpun POS-KUPANG.COM, dari pihak panitia penerimaan siswa baru, tahun ini ada 432 peserta didik baru dibagi dalam 12 rombongan belajar atau Rombel.

Pius menegaskan MOP merupakan bagian penting dari proses pendidikan terutama untuk pembentukan karakter. "Yang jelas ini tidak boleh diabaikan, harus dijalankan dengan sungguh. Dengan pendidikan karakter yang baik, anak-anak diharapkan menjadi pribadi-pribadi yang disiplin, jujur dan bertanggung jawab. Jadi kelak mereka juga diharapkan menjadi pemimpin-pemimpin yang berkarakter," ungkapnya.

Pantauan POS-KUPANG.COM, mengenakan pakian pramuka lengkap dengan atributnya para peserta didik baru tampak antusias mengikuti rangkaian MOP. Ada sejumlah tenda di halaman sekolah dibangun berbentuk U. (*)

Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved