Dalam Sebulan Kapal Pesiar Australia Dua Kali Alami Kecelakaan di Perairan NTT

Yacth berbendera Australia, Lost telah dua kali mengalami kecelakaan di perairan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam bulan Juli 2019

Dalam Sebulan Kapal Pesiar Australia Dua Kali Alami Kecelakaan di Perairan NTT
Istimewa
Gambar2: Operasi penyelamatan kapal pesiar ringan Lost oleh tim SAR Gabungan Pos SAR Waingapu 

Dalam Sebulan Kapal Pesiar Australia Dua Kali Alami Kecelakaan di Perairan NTT

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong

POS-KUPANG.COM | KUPANG- Kapal pesiar ringan (Yacth) berbendera Australia, Lost telah dua kali mengalami kecelakaan di perairan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam kurun waktu Juli 2019.

Sebelum ditemukan pada Sabtu (20/7/2019) malam usai terseret arus selama empat hari, kapal dengan nahkoda warga negara Australia, Anthony Heritos itu pernah diselamatkan oleh tim SAR Gabungan dari Kantor SAR Kupang pada 9 Juli 2019 lalu.

Operasi penyelamatan kapal pesiar ringan (yacht) Lost oleh tim SAR Gabungan Pos SAR Waingapu pada Sabtu (2072019) malam.
Operasi penyelamatan kapal pesiar ringan (yacht) Lost oleh tim SAR Gabungan Pos SAR Waingapu pada Sabtu (2072019) malam. (istimewa)

Serah ditemukan oleh Tim SAR Gabungan pada Sabtu pukul 19.49 Wita di perairan yang berjarak 19,31 nm dengan radial  100,17° dari Pelabuhan Waingapu, Kabupaten Sumba Timur atau pada koordinat 09°53'31,9" S 120°43'34,8 E, kapal dengan dua awak itu langsung dipandu ke Pelabuhan Waingapu.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Kupang Emi Frezer,SE, MM kepada POS-KUPANG.COM pada Sabtu malam menjelaskan, kapal Yacht tersebut berangkat dari Pelabuhan Pulau Sabu pada Selasa (16/7/2019) sekira pukul 08.00 Wita. Dalam perjalanan kapal tersebut hanyut terbawa arus dari perairan Sabu.

Ia mengatakan, pihak Pos SAR Waingapu menerima laporan tentang kapal Yacht dengan dua penumpang yang terseret arus tersebut pada Sabtu sekira pukul 15.00 Wita.

Inilah Deretan Meme Paling Lucu yang Dibuat Penggemar Saat BLACKPINK Syuting di Hawaii Bikin Ngakak

Gambar2: Operasi penyelamatan kapal pesiar ringan Lost oleh tim SAR Gabungan Pos SAR Waingapu
Gambar2: Operasi penyelamatan kapal pesiar ringan Lost oleh tim SAR Gabungan Pos SAR Waingapu (Istimewa)

"Usai terima laporan, sekitar pukul 15.20 Wita, tim Pos SAR Waingapu mulai bergerak melakukan operasi pencarian. Operasi tersebut melibatkan Kantor SAR Kupang, Pos SAR Waingapu dan KSOP Waingapu dengan anggota tim berjumlah delapan orang," katanya.

Saat ditemukan, satu orang penumpang lainnya, Yotan, dalam keadaan sakit. Korban sakit kemudian dievakuasi menuju pantai Melolo dan selanjutnya dibawa ke puskesmas Melolo untuk mendapatkan pertolongan dan perawatan medis.

Perkiraan Cuaca Penerbangan di Bandara El Tari Kupang Hari Ini Cerah Berawan

Sebelumnya Kapal yang dinahkodai oleh Anthony Heritos,  juga mengalami kebocoran pada lambung saat berada di perairan Laut Sawu dalam perjalanan dari Sabu menuju ke Kupang pada Selasa (9/7/2019).

Beruntung kapal pesiar tersebut berhasil ditemukan oleh tim rescue SAR Kupang pada Selasa malam sekira pukul 21.00 Wita di Laut Sawu, sekitar 25 NM (nautical mile) dari Pulau Sabu.

Usai ditemukan, Kapal SAR Antareja 233 yang bertugas melakukan operasi penyelamatan kemudian mengawal kapal tersebut hingga tiba dengan selamat di Pulau Sabu.

Intip Yuk! Ini Potret Transformasi Jin BTS Sejak Debut Hingga Saat Ini ARMY Histeris

Saat itu, kapal tersebut mengangkut enam orang, yang terdiri dari nakhoda berkebangsaan Australia bernama Anthony Heritos, dan lima penumpang lainnya berkebangsaan Indonesia yakni Yotan, Mabire, Lobo, Yanto, dan seorang perempuan bernama Ayu. (*)

Penulis: Ryan Nong
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved