Tinggal di Gubuk Reyot, Janda dan Duda Disabilitas tidak Dapat Bantuan BSPS 2019

Paulus Daud mengakui kalau para warganya ini tidak mendapatkan bantuan BSPS karena tidak bisa swadaya.

Tinggal di Gubuk Reyot, Janda dan Duda Disabilitas tidak Dapat Bantuan BSPS 2019
POS KUPANG/EDY HAYON
Janda Antoneta Mamo dengan rumah sederhana di Desa Oebelo, Kupang Tengah. 

Tinggal di Gubuk Reyot, Janda dan Duda Disabilitas tidak Dapat Bantuan BSPS 2019

POS-KUPANG.COM I OELAMASI--Ibarat kata pepatah "Sudah jatuh tertimpa tangga pula" rupanya sangat pas dialami janda dan duda disabilitas di Desa Oebelo, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang.

Pasalnya, sudah tinggal di gubuk reyot, tapi mereka tidak mendapat bantuan rumah dari pemerintah melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahun 2019.

Kondisi ini setidaknya dialami janda, Meri Bentura dan beberapa janda lainnya juga duda disabilitas seperti Mias Henuk dan beberapa warga lainnya.

Antoneta Mamo (65), janda yang berdomisili di Desa Oebelo, kepada Wartawan, Sabtu (20/7/2019) menilai bantuan rumah BSPS diduga tebangpilih. 

Selama ini dia menghuni rumah beratap daun gewang berlantai tanah dengan ukuran 2 x 3 meter.  Dengan kondisi rumah yang ada, malah oleh pemerintah desa tidak bisa diakomodir menerima bantuan itu.

Pemerintah desa dan fasilitator bantuan menilai dirinya tidak mampu swadaya meskipun memenuhi syarat menerima bantuan rumah dari pemerintah.

"Beta punya rumah kondisinya memprihatinkan tapi pemerintah bilang beta sonde mampu swadaya jadi beta sonde dapat," ujar Antoneta Mamo dengan dialek Kupang.

Kondisi yang sama bukan cuma dialami Antoneta Mamo tapi juga  puluhan warga lain. Warga  yang memiliki rumah daun berlantai tanah, berukuran 2 x 3 metee di Dusun III, Desa Oebelo, juga tidak mendapatkan bantuan perumahan. Salah satunya, Herman Tenis.

Herman Tenis menetap di wilayah ini sejak 2008. Dirinya memiliki 3 orang anak. Tetangganyapun  senasib dengan dirinya, tidak mendapatkan bantuan perumahan walau kondisi sangat memprihatinkan.

Halaman
12
Penulis: Edy Hayong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved