RS Mamami Berkomitmen Penuhi Standar Kemenkes Dalam 28 Hari

Manajemen Rumah Sakit Mamami Kupang berkomitmen untuk memenuhi standar yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI

RS Mamami Berkomitmen Penuhi Standar Kemenkes Dalam 28 Hari
POS-KUPANG.COM/ RYAN NONG
Direktur RS Mamami dr Thimotius Tarra Behy (kanan) bersama Ketua Yayasan RS Mamami Kupang Rolina Damanik. 

RS Mamami Berkomitmen Penuhi Standar Kemenkes Dalam 28 Hari

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong

POS-KUPANG.COM | KUPANG- Manajemen Rumah Sakit Mamami Kupang berkomitmen untuk memenuhi standar yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dalam waktu tenggang yang diberikan. Saat ini, berdasarkan surat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Pelayan Kemenkes direkomendasikan mengalami penurunan kelas atau tipe dari D menjadi D-.

Direktur RS Mamami dr Thimotius Tarra Behy ketika dikonfirmasi POS-KUPANG.COM pada Jumat (19/7/2019) petang mengatakan bahwa pihaknya dalam dua hari terakhir sedang mengecek atau menerima aplikasi dan apa yang menjadi kekurangan untuk dilengkapi oleh rumah sakit yang berada di Jalan RW Monginsidi I Nomor 3 Kelurahan Pasir Panjang Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang itu.

Ia mengatakan, pihaknya harus memberi feedback kepada Kementerian dalam tentang waktu 28 hari sesuai dengan ketentuan dari Kemenkes.

"Hari ini kami masih cek dulu, karena ada aplikasinya tersendiri untuk cek. Jadi tadi kami mulai cek jadi belum bisa kasih informasi lengkap. Kami dalam 28 hari ini harus memberi feedback kepada kementerian supaya mereka tidak menganggap bahwa kami diam diam saja," katanya melalui sambungan telepon.

Direktur RS. Johannes Kupang Penurunan Satus RS Johannes Kupang Perlu Ditinjau Kembali

Meski evaluasi dilakukan selama setahun, namun pihaknya ingin melengkapi segala kekurangan dalam tenggat waktu 28 hari sesuai dengan arahan dari Kementerian Kesehatan.

"Jadi mulai hari ini kita benar benar melihat apa yang ada, apa yang tidak ada, mungkin kalau dari segi fasilitas sih kita bisa beli, tapi kalau dokter saya rasa sudah memenuhi persyaratan," paparnya.

RS Mamami, lanjut dr Thimotius merasa yakin bahwa dari sisi sumber daya manusia, telah memenuhi syarat. Hal ini diakuinya karena tenaga dokter yang bertugas di rumah sakit itu sesuai dengan standar tipe D.

RS Siloam Jadi Satu Satunya RS Tipe B di NTT

Saat ini, dijelaskannya, dokter umumnya berjumlah sembilan, dokter penyakit dalam berjumlah dua orang, dokter bedah dua orang, dokter spesialis anak tiga orang, dokter kandungan lima orang, dokter anestesi tiga orang, dan itu sudah memenuhi syarat.

Halaman
12
Penulis: Ryan Nong
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved