Renungan Harian

Renungan Harian Kristen Protestan Sabtu 20 Juli 2019, "Ambisi yang Mulia"

Renungan Harian Kristen Protestan Sabtu 20 Juli 2019, "Ambisi yang Mulia"

Renungan Harian Kristen Protestan Sabtu 20 Juli 2019,
dokumentasi pribadi
Pdt. Vandra Mesakh-Manafe 

Renungan Pagi Pos Kupang

Pdt. Vandra Mesakh-Manafe, STh

(Pdt. Vandra Mesakh-Manafe, STh adalah Mahasiswi Pasca Sarjana UKAW)

--

Ambisi yang Mulia

Paulus menegaskan bahwa cita-cita untuk menjadi seorang pemimpin adalah keinginan yang mulia. Bukan karena jabatan, kehormatan, nama baik, ambisi, melainkan fungsi sebagai penilik. Paulus menulis dalam Titus 1:7 bahwa sebagai pengatur rumah Allah seorang penilik jemaat harus tidak bercacat, tidak angkuh, bukan pemberang, bukan peminum, bukan pemarah, tidak serakah.

Dalam kepemimpinan rohani, prinsip ilahi yang utama ialah kebesaran sejati, kepemimpinan sejati, bukan dicapai dengan cara menurunkan orang-orang untuk melayani kita, melainkan dengan memberikan diri sendiri untuk melayani mereka tanpa memperdulikan diri sendiri.

Dan ini tidak dapat dilakukan tanpa pengorbanan. Pemimpin rohani yang sejati senantiasa lebih memperhatikan pelayanan yang dilakukannya untuk Tuhan dan sesamanya, daripada memikirkan keuntungan dan kesenangan yang dapat diperolehnnya dalam hidup, karena tujuannya adalah memberi lebih banyak daripada menerima (hal. 7).

Semua ini dibahas lebih jauh oleh Oswald Sanders dalam bukunya “Kepemimpinan Rohani” (Panduan Wajib untuk Menjadi Pemimpin terbitan Kalam Hidup Bandung, tahun 2017 setebal 232 halaman.

Dalam buku ini, penulis menyajikan berbagai prinsip kepemimpinan baik dibidang rohani maupun sekuler. Dalam setiap bab di buku ini, penulis menguraikan bagaimana seharusnya menjadi pemimpin yang baik dan apa yang harus dimiliki untuk menjadi pemimpin yang baik dengan mendasarinya pada cerita tentang tokoh-tokoh Alkitab dan juga cerita dari beberapa tokoh pemimpin dunia dan gereja.

Halaman
1234
Editor: Eflin Rote
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved