Warga Makamenggit Keluhkan Seminggu Mobil Tangki Air Kecamatan Hanya Antar Air Sekali

Untuk bisa memperoleh air bersih warga harus pergi mengambil di mata air kali Kalela dengan jarak sekitar 7 kilometer.

Warga Makamenggit Keluhkan Seminggu Mobil Tangki Air Kecamatan Hanya Antar Air Sekali
POS KUPANG/ROBERT ROPO
Warga Makamenggit sedang berdiri di drom tampungan air. 

 
Warga Makamenggit Keluhkan Seminggu Mobil Tangki Air Kecamatan Hanya Antar Air Sekali

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU---Sejumlah warga masyarakat di Desa Makamenggit, Kecamatan Ngaha Ori Angu, Kabupaten Sumba Timur mengeluh tentang air bersih, sebab mobil tangki air yang melayani air bersih pada setiap warga dalam seminggu hanya sekali.

Margaretha Yaku Danga warga setempat kepada POS-KUPANG. COM, Jumat (19/7/2019)  mengatakan selama ini warga di Desa Makamenggit sangat kesulitan untuk memperoleh air bersih. Untuk bisa memperoleh air bersih warga harus pergi mengambil di mata air kali Kalela dengan jarak sekitar 7 kilometer.

"Kita memang susah air betul disini. Kita pakai beli saja karena mata air dekat tidak ada. Kita beli kalau ukuran drom, 1 drom harganya 5 ribu. Jadi dalam sebulan anggaran untuk beli air saja bisa sampai 300 ribu, padahal hasil pertanian kita disini tidak ada tanah penuh karang dan tandus,"ungkap Margaretha.

Kata dia, selain warga pergi ambil sendiri dengan menggunakan kendaraan roda dua, kendaraan umum, dan mereka juga dibantu oleh mobil tangki air milik Kecamatan Nggoa. Namun, mobil itu hanya melayani hanya sekali dalam seminggu.

"Coba kalau dua kali dalam seminggu layani airnya cukup, tapi ini hanya sekali kami tidak cukup pakai biar kami hemat bagaimana pun. Kami harus pergi ambil lagi dengan jarak yang jauh itu di mata air kali Kalela,"ungkap Margaretha.

Warga lainya, Karipi Lambang Nggeding juga menyampaikan keluhan yang sama.

Komisi V DPRD NTT Kawal Kasus Diana Sabneno

Tidak Sekedar Pembungkus Nasi! Tak Disangka Daun Pisang Miliki 15 Manfaat Bagi Kesehatan

Jimmi Sianto Berang Tidak Semua Guru Honor Terima Insentif

Ia berharap agar mobil air milik Kecamatan itu bisa melayani warga minimal 2 kali dalam seminggu. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved