Pemerintah Desa Diminta Usulkan Proposal Bantuan Penerangan Lampu Tenaga Surya

bantuan penerangan lampu tenaga surya dapat diberikan kepada desa yang belum mendapatkan aliran listrik ketika sudah ada permohonan

Pemerintah Desa Diminta Usulkan Proposal Bantuan Penerangan Lampu Tenaga Surya
POS KUPANG/THOMAS MBENU NULANGI
Kepala Bagian Umum Setda TTU, Yoseph Tanu. 

Pemerintah Desa Diminta Usulkan Proposal Bantuan Penerangan Lampu Tenaga Surya

POS-KUPANG.COM | KEFAMENANU-Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten TTU, Yoseph Tanu meminta kepada aparat pemerintah desa untuk segera mengusulkan proposal bantuan penerangan lampu tenaga surya kepada Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi NTT.

Pasalnya masih banyak wilayah pedesaan di Kabupaten TTU yang belum dialiri listrik PLN sehingga harus bisa memanfaatkan bantuan penerangan lampu tenaga surya dari pemerintah provinsi NTT.

"Kita minta kerjasama dari pemerintah di tingkat kecamatan terutama di desa, mungkin ada wilayah desa atau RT yang letaknya berada di jalur sumbu dan susah dijangkau dengan listrik PLN, maka melalui Dinas ESDM Provinsi NTT kita bisa mengajukan permohonan untuk bisa bantuan penerangan lampu tenaga surya," kata Yoseph kepada Pos Kupang saat ditemui di ruang kerjannya, Jumat (19/7/2019).

Yoseph menjelaskan, bantuan penerangan lampu tenaga surya dapat diberikan kepada desa yang belum mendapatkan aliran listrik ketika sudah ada permohonan atau proposal yang masuk ke Dinas ESDM Provinsi NTT.

"Karena proposal itu yang nantinya akan menjadi dasar bagi mereka untuk melakukan proses verifikasi, sehingga bisa memberikan bantuan penerangan lampu tenaga surya," jelasnya.

Pemerintah desa, kata Yoseph, harus melihat bantuan ini sebagai satu kesempatan untuk membantu masyarakat yang rumahnya belum mendapat penerangan baik itu yang berasal dari listrik PLN maupun yang berasal dari lampu tenaga surya.

"Jadi untuk desa yang RT atau beberapa rumah sulit dijangkau dengan listrik PLN bisa segera usulkan proposal bantuan kepada pemerintah pusat melalui Dinas ESDM Provinsi NTT. Karena kita semua tahu bahwa ini instruksi dari Bapak Presiden Jokowi sendiri," terangnya.

Empat Lokasi Wisata di Sumba Diprakirakan BMKG Hari Ini Cerah Berawan

Petani Nunkurus Bersyukur, Petani Oesao Pasrah

Pemda TTU Dapat Bantuan Penerangan Lampu Jalan 60 Unit

Dinsos NTT Gelar Semiloka Daerah Pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil

Yoseph meminta kepada pemerintah desa yang desanya belum dialiri listrik dari PLN supaya dapat berperan aktif mengusulkan permohonan bantuan kepada pemerintah pusat melalui Dinas ESDM Provinsi NTT," ujarnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi)

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved