Di Manggarai-NTT, Ada 466 Korban Gigitan Anjing

Di Kabupaten Manggarai sejak Januari-Mei 2019 ada 466 korban gigitan anjing yang tersebar di duabelas kecamatan

Di Manggarai-NTT, Ada 466 Korban Gigitan Anjing
Foto Dinas Peternakan Manggarai/Dok
RAPAT-Rapat penanganan rabies di Manggarai di Kantor Dinas Peternakan Manggarai. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu

POS-KUPANG-COM-RUTENG-Di Kabupaten Manggarai sejak Januari-Mei 2019 ada 466 korban gigitan anjing yang tersebar di duabelas kecamatan.

Yang mana dari jumlah itu ada 8 sampel kepala anjing yang dikirim ke laboratorium lalu 7 kepala anjing itu teridentifikasi positif anjing rabies.

Meningkatnya, gigitan anjing lalu 7 kepala anjing yang sampel sudah diperiksa lalu teridentifikasi rabies maka Dinas Peternakan Manggarai telah menggelar rapat bersama semua camat.

"Hasil rapat sudah jelas semua anjing harus diikat lalu yang tidak diikat akan dielimasi. Tahun ini, dinas akan melakukan vaksin rabies ke semua kecamatan. Warga yang memilikki anjing hendaknya sadar menyerahkan anjing divaksin," kata Kadis Peternakan Manggarai, Konstantinus Dan di ruang kerjanya, Kamis (18/7/2019) siang.

Ia menjelaskan, sesuai data jumlah populasi anjing di Manggarai yang tersebar di dua belas kecamatan ada 25.890 ekor dan anjing yang sudah divaksin pada 2018 ada 19. 336 ekor.

Takut Mati Rabies, Warga Waigete-Kabupaten Sikka Serahkan Anjing Divaksin

Kini, tinggal 6.554 ekor yang belum divaksin

"Bagaiaman yang tidak vaksin petugas vaksin akan melakukan vaksin pada tahun ini lagi," papar Kadis Dan.

Ia mengungkapkan, ada kendala di lapangan seperti masyarakat enggan memberikan anjingnya divaksin. Selain itu, saat divaksin anjing dibawa ke kebun dan beradu argumen dengan petugas.

"Tetapi kita akan terus bekerja dan meminta bantuan camat, lurah, kades, ketua RT dan RW agar membantu memberikan pemahaman kepada warga," tutur Kadis Dan.(*)

Penulis: Aris Ninu
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved