Uskup Kupang Mgr Petrus Tahbiskan Sembilan Imam Baru

Uskup Kupang Mgr Petrus Turang Pr mentahbiskan sembilan imam baru Rabu (16/7/2019)

Uskup Kupang Mgr Petrus Tahbiskan  Sembilan Imam Baru
POS KUPANG/LAUS MARKUS GOTI
Uskup Agung Kupang Mgr Petrus Turang bersama sembilan imam usai ditahbiskan pada perayaan pentahbisan di Gerakan Santo Petrus Rasul TDM Kupang pada Rabu (1772019). 

Uskup Kupang Mgr Petrus Tahbiskan  Sembilan Imam Baru

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Uskup Kupang Mgr Petrus Turang Pr mentahbiskan sembilan imam baru dalam perayaan tahbisan imam yang dilaksanakan di Gereja Santo Petrus Rasul TDM Kupang pada Rabu (16/7/2019) pagi.

Kesembilan imam baru tersebut terdiri dari tujuh imam diosesan dan dua imam tarekat yang berasal dari Ordo Karmelit Tak Berkasut.

Upacara pentahbisan yang dihadiri oleh ribuan umat Katholik dan kuarga serta undangan itu berlangsung khidmat dan khusyuk.

Sebelum ritual pentahbisan, perwakilan orang tua dari diakon melakukan penyerahan anak mereka  kepada gereja melalui uskup untuk ditahbiskan. Uskup kemudian mengambil janji dan sumpah dari setiap calon imam yang akan ditahbiskan.

Para calon imam tersebut kemudian melakukan ritual telungkup di hadapan uskup untuk mendapat berkat dan ditahbiskan menjadi imam Allah. Usai ritual tersebut, calon imam lalu berlutut untuk diurapi oleh Uskup dan berurutan mendapat penumpang tangan dan berkat dari para imam konselebran di altar.

Sepuluh Lokasi Wisata Favorit Terkenal di Pulau Sumba Hari Ini Cerah

Dalam khotbahnya, Uskup Petrus mengingatkan bahwa tugas imamat adalah tugas untuk menghadirkan Rahmat Allah di dunia. Oleh karenanya, imam harus mampu memperkenalkan dan membuat manusia belajar tentang kebaikan Allah.

"Anda dapat memperkenalkan dan menghadirkan kebaikan Allah di dunia," pesannya.

Uskup Petrus mengingatkan bahwa dengan kemajuan dan perubahan zaman maka bentuk pelayanan serta orang yang menerima pelayanan pun berubah. Oleh karena itu imam harus terus belajar untuk menggenapi kebutuhan akan perubahan tersebut demi tujuan mulia imamat agung.

 "Kini bentuk pelayanan berubah dan orang yang menerima pelayanan pun berubah. Imam harus belajar untuk menanggapi kebutuhan umat," katanya.  

ZODIAK BESOK! Ramalan Zodiak Kamis 18 Juli 2019, Capricorn Luar Biasa, Virgo Pujian, Zodiak Lain?

Namun Uskup juga mengingatkan bahwa meskipun dunia berubah, namun imam harus tetap memberikan pelayanan yang sungguh sungguh bermakna bagi Allah dan manusia.

"Tetap teguh dan disiplin, karena imam diutus seperti Musa. Tidak boleh menyerah pada perubahan dunia tetapi belajar dalam perubahan suaoaya kenaikan Allah boleh hadir," demikian pesan kepada para imamnya. (*)

Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved