Kapolsek Alak Pimpin Diversi Kasus Anak Dibawah Umur yang Lakukan Pencurian

Kapolsek Alak Polres Kupang Kota Kapolsek Alak Polres Kupang Kota, Kompol I Gede Sucitra, S.H memimpin diversi kasus pencurian yang dilakukan anak

Kapolsek Alak Pimpin Diversi Kasus Anak Dibawah Umur yang Lakukan Pencurian
Istimewa
Suasana saat Kapolsek Alak Polres Kupang Kota Kapolsek Alak Polres Kupang Kota, Kompol I Gede Sucitra, S.H memimpin diversi kasus pencurian yang dilakukan anak dibawah umur di Mapolsek Alak, Selasa (1672019).

Kapolsek Alak Pimpin Diversi Kasus Anak Dibawah Umur yang Lakukan Pencurian

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gecio Viana

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Kapolsek Alak Polres Kupang Kota Kapolsek Alak Polres Kupang Kota, Kompol I Gede Sucitra, S.H memimpin diversi kasus pencurian yang dilakukan anak dibawah umur.

Pelaku dalam kasus ini yakni CAPS (15) yang melakukan pencurian atau perampasan Hp milik korban Asti Bela Jayanti pada 6 April 2019, saat korban berkendara melewati jalan raya di Kelurahan Nun Baun Sabu, Kecamatan Alak, Kota Kupang.

Menyikapai kasus ini, pihak Polsek Alak berupaya melakukan pengalihan penyelesaian perkara anak dari proses peradilan pidana ke proses di luar peradilan pidana, (Diversi), di Mapolsek Alak, Selasa, (16/7/2019).

"Turut hadir dihadiri Panit Reskrim Polsek Alak, Penyidik, Bapas (Badan Pemasyarakatan), pelaku, orangtua anak pelaku, korban, dan ketua RT," ujar Kapolsek Alak.

Dari diversi, lanjut Kapolsek Alak, diperoleh kesepakatan bahwa korban telah memaafkan korban atas perbuatannya.

Soal Penutupan Pulau Komodo - Wagub NTT : Urusan Itu Ditangani Langsung Gubernur

Pelaku mengakui ke perbuatan dan kesalahan yang telah diperbuat dan meminta maaf kepada korban.

"Pihak Bapas juga merekomendasikan agar pelaku yang masih dibawah umur diserahkan kembali kepada orangtuanya untuk diawasi dan diberikan pembinaan," tambahnya.

Kapolsek Alak juga menuturkan, kasus tersebut bermula saat korban yang tengah mengendarai motornya melintasi TKP.

Saat korban memegang hp miliknya, pelaku yang juga mengendarai motornya mendekati korban dan langsung merampas hp dari tangan korban.

Kapolres TTU Komit Tindak Tegas Segala Bentuk Perjudian

Korban melaporkan kejadian tersebut ke Mapolsek Alak dan pelaku berhasil diamankan pihak kepolisian.

Namun, karena pelaku merupakan anak dibawah umur yang masih berumur 15 tahun, maka penyidik Unit Reskrim Polsek Alak melakukan upaya diversi sesuai amanat undang-undang.

"Pelaku berhasil ditangkap tapi karena masih katagori anak di mana berusia 15 tahun, maka penyidik melakukan diversi sesuai amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana anak," tegasnya.(*)

Penulis: Gecio Viana
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved