Bupati Malaka Ajak Pelajar Perang Melawan Sampah

Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran mengajak para pelajar di Kabupaten Malaka untuk perang melawan sampah.

Bupati Malaka Ajak Pelajar Perang Melawan Sampah
POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS
BERSAMA PELAJAR---Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran foto bersama pelajar SMA Hatimuk usai membersihkan sampah di lingkungan sekitar lapangan pertandingan, Selasa (16/7/2019). 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Teni Jenahas

POS KUPANG.COM| BETUN----Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran mengajak para pelajar di Kabupaten Malaka untuk perang melawan sampah.

Program perang melawan sampah ini sudah dicanangkan sejak Januari 2019. Dalam pelaksanaan program ini Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran tidak hanya dengan kata-kata himbuan tetapi terjun langsung memimpin pimpinan perangkat daerah bersama stafnya untuk melaksanakan program tersebut.

Selain memimpin stafnya, Bupati juga terus menerus mengajak masyarakat dan pelajar untuk melaksanakan program perang melawan sampah. Seperti yang dilakukan Selasa (16/7/2019), Bupati yang akrab disapa SBS ini memimpin para guru dan pelajar SMA Fajar Timur Hatimuk untuk membersihkan sampah di sekitar lapangan Hatimuk.

Bupati Stefanus Bria Seran kepada wartawan mengatakan, program Perang Melawan Sampah ini merupakan implementasi program yang dicanangkan Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat bagi seluruh masyarakat Provinsi NTT.

´┐╝Program Perang Melawan Sampah ini sangat bagus untuk membangun budaya bersih di lingkungan dimana kita berada agar kita tetap sehat.

Keterlibatan para siswa dan guru dalam kegiatan ini sebagai upaya untuk mentransformasi nilai budaya bersih agar bisa menjadi bagian hidup dari para siswa sebagai generasi penerus bangsa. Para siswa bisa melatih kepekaan akan pentingnya kebersihan lingkungan bagi dirinya dan bagi sesama.

Harapannya, budaya hidup bersih ini bisa ditularkan keseluruh masyarakat sehingga masyarakat dapat melaksanakan prpgrqm perang melawan sampah secara mendiri karena sudah menjadi bagian hidupnya.

Menurut bupati pencetus program RPM ini, menjalani program perang melawan sampah sangat mudah dengan memperhatikan tiga prinsip yakni, jangan buang sampah disembarang tempat, jangan biarkan sampah di depan mata tetapi harus dipungut dan jangan malu memungut sampah karena anda orang yang sangat berbudaya.

Bertepatan dengan momen El Tari Memorial Cup (ETMC) di Malaka, Bupati Stef terus menerus menghimbau kepada seluruh masyarakat Malaka termasuk kontingen ETMC agar menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah di sembarangan tempat. Hal ini benar-benar dilaksanakan oleh semua kontingen ETMC.

Dari pantuan Pos Kupang.Com, sampah seperti, plastik dan botol air meneral yang dipakai para kontingen di areal lapangan pertandingan selalu dibersihkan. Ketika botol air dibuang begitu saja oleh pemain, para offisial langsung memungutnya lalu dibuang pada tempat yang telah tersedia sehingga lingkungan sekitar lapangan bersih. (jen/Adv).

POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS

BERSAMA PELAJAR---Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran foto bersama pelajar SMA Hatimuk usai membersihkan sampah di lingkungan sekitar lapangan pertandingan, Selasa (16/7/2019).
POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS BERSAMA PELAJAR---Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran foto bersama pelajar SMA Hatimuk usai membersihkan sampah di lingkungan sekitar lapangan pertandingan, Selasa (16/7/2019). (POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS)
Penulis: Teni Jenahas
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved