Solidaritas Relawan Jokowi NTT Desak DPRD NTT Sikapi Masalah Tanah di Nunkurus

Solidaritas Relawan Jokowi NTT mendesak DPRD NTT untuk segera menyikapi persoalan tanah di Nunkurus, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang.

Solidaritas Relawan Jokowi NTT Desak DPRD NTT Sikapi Masalah Tanah di Nunkurus
POS-KUPANG.COM/ Edy Hayong
Solidaritas Relawan Jokowi NTT bersama warga Nunkurus berfoto bersama, Selasa (1672019) 

Solidaritas Relawan Jokowi NTT Desak DPRD NTT Sikapi Masalah Tanah di Nunkurus

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Edi Hayong

POS KUPANG.COM I OELAMASI- Solidaritas Relawan Jokowi NTT mendesak DPRD NTT untuk segera menyikapi persoalan tanah di Nunkurus, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang.

Tanah yang sebelumnya diklaim sebagai HGU PT PKGD untuk perusahaan garam, pasca dicabut ijin HGU, namun melahirkan persoalan baru dimana ada oknum tertentu diduga hak milik warga setempat.

Ketua Relawan Jokowi NTT, Jhon Ricardo menyampaikan hal ini didepan warga Nunkurus, Selasa (16/7/2019). Hadir saat ini Rudi Tokan selaku Ketua Seknas NTT, Ketua Rumah Jokowi NTT, Heribertus, Ketua Relawan Jokowi NTT, Jhon Ricardo juga Ketua Poros Jokowi NTT. Hadir juga Tokoh Masyarakat Nunkurus, Yeskiel Sei, tokoh masyarakat, Oni Benyamin.

Jhon Ricardo yang juga Koordinator Solidaritas Relawan Jokowi NTT menegaskan, kehadiran mereka dihadapan para warga sesungguhnya mau memberikan dukungan moril agar warga tidak mudah terprovokasi. Pasca dicabutnya HGU PT PKGD maka secara aturan tanah diambil pemerintah dan dikembalikan ke warga pemilik sah.

"Kami akan bela benar-benar apa yang menjadi hak warga. Pemerintah NTT dan Pemkab Kupang sangat arif dan bijaksana mengambil langkah untuk mengembalikan tanah milik rakyat itu. Tidak ada orang baru datang dan mengambil apa yang menjadi hak rakyat," ujar Jhon.

Jhon bahkan menegaskan bahwa persoalan ini akan disampaikan ke DPRD NTT dalam aksi damai tanggal 18 Juli 2018. Pihaknya berada di belakang rakyat Nunkurus dan menyampaikan aspirasi ini dan dewan harus mengambil sikap tegas sebelum Presiden Jokowi yang rencananya akan datang tanggal 20 Agustus mendatang. Kehadiran Jokowi untuk panen garam dan menyerahkan sertifikat tanah kepada warga.

Di Boawae, Nagekeo Hari Selasa dan Kamis Hari Penyelesaian Masalah Tanah

Calon Bidan UCB Kupang Unjuk Aksi di Desa Nitneo Dampingi Ibu Hamil dan Balita

Untuk diketahui, Solidaritas Relawan Jokowi NTT
memediasi persoalan tanah di tiga kampung yakni Dalam Kom, Kepala Kerbau, Tungagea di Nunkurus, Kecamatan Kupang Timur. Kehadiran relawan menindaklanjuti laporan warga setempat karena ada indikasi tanah dicaplok oknum tertentu pasca dicabutnya HGU PT PKGD.

Yes Sei pada kesempatan ini menyampaikan terima kasih kepada Gubernur NTT, Viktor Laiskodat, Bupati Kupang, Korinus Masneno atas perjuangan sehingga HGU PKGD dicabut dan tanah milik warga dikembalikan. Namun dalam perjalanan, ada oknum tertentu yang diduga mau mencaplok tanah yang merupakan hak milik.(*)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved