KLH Gelar Bimtek Lingkungan Hidup di Ende, Simak Tujuannya

Kementrian Lingkungan Hidup (KLH) RI menggelar Bimtek Penguatan Kelembagaan Lingkungan Hidup seluruh Provinsi NTT, selama dua hari, Senin (15/7/2019)

KLH Gelar Bimtek Lingkungan Hidup di Ende, Simak Tujuannya
POS KUPANG/ROMUALDUS PIUS
PESERTA/Para peserta Bimtek Lingkungan Hidup Sedang Mengikuti Kegiatan, Selasa (16/7/2019). 

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM,ENDE---Kementrian Lingkungan Hidup (KLH) RI menggelar Bimtek Penguatan Kelembagaan Lingkungan Hidup seluruh Provinsi NTT, selama dua hari, Senin (15/7/2019) hingga Selasa (16/7/2019).

Wakil Bupati Ende, Drs Djafar Achmad dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten 3 Setda Ende, Yosep Vitalis Tote mengatakan pembangunan sesungguhnya dilaksanakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Namun seiring waktu, tuntutan pembangunan yang dihadapi selalu berubah dan makin kompleks, sedangkan kemampuan dan sumber daya pembangunan yang tersedia cenderung terbatas, sehingga permasalahan pembangunan yang dihadapi juga semakin bertambah dan kompleks, termasuk permasalahan pembangunan lingkungan hidup.

Oleh karena itu sumber daya yang tersedia harus dioptimalkan oleh pemerintah untuk memenuhi tuntutan yang tidak terbatas dengan membuat pilihan dalam bentuk skala prioritas.

Legenda Tinju Pernell Whitaker Tewas Usai Ditabrak Mobil

Pelti NTT Hidupkan Tenis Piala Gubernur, Kajati Cup, Danrem Cup dan Kapolda Cup, Simak Kata Roedy

Persebaya Surabaya Bawa 18 Pemain saat Bentrok PSM Makassar, Ini Daftar Nama Pemain Bajul Ijo

 Strategi Pelatih Kalteng Putra Habisi Persib Bandung Tanpa 3 Bomber Utama

Dikatakan mengingat keberlanjutan sumber daya alam dan lingkungan hidup sangat penting dalam pelaksanaan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, maka dalam Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah tersebut telah ditetapkan bahwa Urusan Lingkungan Hidup merupakan urusan Wajib Konkuren yang harus dilaksanakan oleh Pemerintahan Daerah.

Hal ini tentunya sejalan dengan amanat dalam Undang-undang Nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, dimana pemerintah daerah memiliki kewenangan dan tanggung jawab yang cukup besar dalam pelaksanaan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di daerahnya masing-masing.

Persib Bandung Tanpa Tiga Pemain Bomber? Ini Pemain Inti yang Diturunkan Roberts vs Kalteng Putra

MENGEJUTKAN, Pelatih Persela Lamongan Beralih jadi Pelatih PSIM Yogyakarta, Ini Alasannya

Persebaya Surabaya Bawa 18 Pemain saat Bentrok PSM Makassar, Ini Daftar Nama Pemain Bajul Ijo

Dikatakan beratnya wewenang dan tanggung jawab pemerintah daerah dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup harus disikapi dengan peningkatan komitmen dan peran serta seluruh pemangku kepentingan, sebagai prinsip pengelolaan lingkungan Hidup.

Pengelolaan terhadap alam dan isinya harus dilakukan dengan kehati-hatian, terencana dan dikelola dengan baik. Jika terjadi ketidak seimbangan maka timbulah kerusakan sehingga berbagai bencana akan terjadi.

Dengan memperhatikan amanat yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, maka pemerintah daerah khususnya Badan lingkungan hidup diharapkan mampu mewadahi partisipasi dan aspirasi pemangku kepentingan di daerah dengan memperhatikan aspek lingkungan hidup serta mampu melaksanakan peran penengakan hukum secara efektif.

Wabup Djafar mengatakan Pemerintah Kabupaten Ende menyambut baik diselenggarakannya kegiatan Bimbingan Teknis Penguatan Kelembagaan Lingkungan Hidup se-Provinsi NTT di Kabupaten Ende. Kegiatan ini sangat membantu instansi Lingkungan Hidup provinsi dan Kota dan Kabupaten dalam memahami dan melaksanakan kewenangan dan tanggungjawabnya sesuai dengan amanat Undang-undang .

Melalui kegiatan ini juga diharapkan mampu meningkatkan kapasitas daerah serta membangkitkan kembali komitmen bersama dalam mendukung pelaksanaan pembangunan yang berkelanjutan, demi kesejahteraan masyarakat tanpa mengabaikan keberlangsungan dan kelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup.

“Kami sangat mengapreasiasi penyelenggaraan kegiatan ini dan menyampaikan terimakasih karena telah memilih Kabupaten Ende sebagai tuan rumah. Kami berharap pertemuan ini dapat menghasilkan hal-hal positif yang dapat di implementasikan dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup,”ujarnya. (*)

Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved