BREAKING NEWS : Cuaca Buruk Empat Pelayaran di NTT Ditutup, Simak Penjelasan dan Saran BMKG

Untuk sementara pelayaran kapal Ferry lintas Kupang - Ende, Kupang, Kupang - Sabu, Kupang - Aimere dan Kupang - Waingapu ditutup

BREAKING NEWS : Cuaca Buruk Empat Pelayaran di NTT Ditutup, Simak Penjelasan dan Saran BMKG
KOMPAS.com/ JUNAEDI
Ilustrasi gelombang tinggi 

BREAKING NEWS : Cuaca Buruk Empat Pelayaran di NTT Ditutup, Simak Penjelasan dan Saran BMKG

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Untuk sementara pelayaran kapal Ferry lintas Kupang - Ende, Kupang, Kupang - Sabu, Kupang - Aimere dan Kupang - Waingapu ditutup karena cuaca buruk.

Hal tersebut disampaikan oleh General Manajer PT. PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Kupang, Burhan Zahim, kepada POS-KUPANG.COM, Selasa (16/7/2019).

Pihak ASDP akan mengumumkan jika empat pelayaran tersebut kembali dibuka. Sementara itu rute pelayaran Kupang - Rote, Kupang - Kalabahi, Kupang - Lewoleba dan Kupang - Larantuka tetap beroperasi.

Badan Metereologi dan Geofisika Stasiun Metereologi (BMKG) Stasiun Metereologi Tenau merilis peringatan dini gelombang tinggi, 15 hingga 18 Juli 2019.

Terdapat pola sirkulasi angin di Barat Sumatra. Pola angin di wilayah utara ekuator umumnya dari Tenggara - Barat Daya dengan kecepatan 6 - 25 knot, sedangkan di wilayah selatan ekuator umumnya  dari Timur - Selatan dengan kecepatan 6 - 25 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan Enggano, Perairan selatan Banten hingga Jawa Barat, Laut Sawu, Laut Arafuru, Perairan Kep. Sangihe-Talaud.

Tinggi gelombang 2.0 - 3.50 m berpeluang terjadi, 2.0 M di Selat Wetar, 2.5 M di Selat Sape bagian selatan 3.0 M di Selat Sumba, 3.5 M di Laut Sawu, perairan selatan P. Sumba,  Samudera Hindia Selatan NTT, Perairan selatan Kupang- P. Rote , Laut Timor Selatan NTT.

BMKG menyarankan, harap diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran, perahu nelayan (Kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m).

Kapal Tongkang (kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m) Kapal Ferry (Kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m), kapal ukuran besar seperti kapal Kargo/kapal, pesiar (Kecepatan angin lebih dari 12 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m).

Warga Minta Perbaiki Deker Dan Jalan Borik Iteng Di Satar Mese

Istri Tangkap Basah Suami Intim Dengan Anak Kandung, Baca 7 Kasus Inses Terbongkar Sepanjang 2019

Anda Malu Saat Tubuh Berkeringat Berlebihan? Atasi dengan 8 Tip Praktis

Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Laus Markus Goti)

Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved