Berita kesehatan

Wajarkah Bayi Baru Lahir Kuning? Kenali Penyebab dan Penanganannya

Pernahkah Anda melihat kulit bayi yang baru lahir berwarna kuning?Atau mungkin anak anda yang baru lahir mengalami hal tersebut?

Wajarkah Bayi Baru Lahir Kuning? Kenali Penyebab dan Penanganannya
ILUSTRASI
Bayi lahir kuning 

POS-KUPANG.COM|KUPANG - Pernahkah  Anda melihat kulit bayi yang baru lahir berwarna kuning?Atau mungkin anak anda yang baru lahir mengalami hal tersebut?

Wajarkah bayi baru lahir berwarna kuning? Haruskah ibu khawatir dengan kondisi ini?

Sebaiknya Anda tidak perlu khawatir karena jaundice atau ikterus atau di Indonesia lebih dikenal sebagai penyakit kuning adalah hal yang normal atau fisiologis pada bayi baru lahir.

Ikterus pada bayi baru lahir pada minggu pertama terjadi pada 50-70 persen bayi cukup bulan dan 80-90 persen bayi kurang bulan (prematur).

Perlu Ada Sosialisasi Intens Terkait Penyakit Katarak Kepada Masyarakat

Walaupun demikian, bayi kuning atau ikterus yang berat memerlukan pemeriksaan lebih lanjut serta penanganan.

Oleh karena itu, pada artikel ini akan dibahas tentang penyebab jaundice atau ikterus pada bayi baru lahir, bahaya yang dapat ditimbulkan serta penanganannya.

Apa itu Jaundice atau ikterus?
Ikterus adalah warna kuning yang tampak pada sklera (bagian putih mata) dan kulit, selanjutnya meluas secara sefalokaudal (dari atas ke bawah) ke arah dada, perut dan ekstremitas yang disebabkan oleh penumpukan bilirubin dalam serum.

Bilirubin adalah hasil pemecahan dari sel darah merah (SDM) yaitu Hemoglobin yang berada di dalam sel darah merah akan dipecah menjadi bilirubin, 1 gram Hemoglobin akan menghasilkan 34 mg bilirubin.

Sedangkan Hiperbilirubinemia adalah meningkatnya kadar bilirubin dalam darah yaitu kadar bilirubin serum total > 5 mg/dL.

Bila kadar bilirubin tidak dikendalikan dapat terjadi komplikasi kernikterus atau ensefalopati bilirubin yaitu kerusakan otak pada bayi.

Pater Sebastianus Jadi Imam Pertama Stasi YMY Liliba, Ini Pesan Keluarga

Halaman
1234
Editor: Apolonia Matilde
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved