Trump Dinilai Rasis Setelah Minta Anggota Kongres AS Perempuan untuk "Kembali" ke Negara Asal Mereka

Presiden Amerika Serikat Donald Trump menuai kecaman setelah melontarkan komentar terhadap anggota Kongres perempuan dari minoritas dan kulit hitam

Trump Dinilai Rasis Setelah Minta Anggota Kongres AS Perempuan untuk
TheNewyorktimes.com
Anggota Kongres Amerika Serikat Perempuan dan Presiden Donald Trump 

Trump Minta Anggota Kongres AS Perempuan untuk Kembali ke "Negara Asal" Mereka

POS-KUPANG.COM, WASHINGTON -  Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menuai kecaman setelah melontarkan komentar berbau rasis terhadap anggota Kongres perempuan dari minoritas dan kulit hitam.

Diwartakan Sky News Minggu (14/7/2019), komentar Trump itu sepertinya ditujukan kepada Alexandria Ocasio-Cortez, anggota Kongres AS dari New York.

Kemudian terdapat juga Ilhan Omar (Minnesota), Ayanna Pressley (Massachusetts), serta Rashida Tlaib (Michigan). Omar merupakan satu-satunya kelahiran asing karena berasal dari Somalia.

Dalam rangkaian kicauannya di Twitter, Trump menyebut terdapat anggota Kongres AS yang "progresif" karena berasal dari negara yang pemerintahannya dia sebut korup dan hancur lebur.

Trump menyindir para anggota "progresif" itu berusaha untuk memberi tahu AS, negara yang dia anggap terkuat dan terbaik di dunia, tentang bagaimana cara menjalankan pemerintahan.

"Mengapa mereka tidak kembali dan membantu memulihkan tempat yang penuh kejahatan dan rusak tempat mereka berasal, dan datang untuk menunjukkan mereka sudah melakukannya?" tanya Trump.

Tlaib kemudian membalas pernyataan presiden 73 tahun itu. "Ingin tanggapan dari presiden yang sudah gagal dan yang sepenuhnya melanggar hukum?" sindirnya.

Dia mengatakan Trump sebagai krisis yang kemudian menyebut pemikirannya berbahaya, sehingga dia layak untuk dilengserkan dari jabatannya (impeachment).

Selain Tlaib, kecaman juga datang dari sekutu Trump sendiri di Partai Republik Justin Amash di mana dia menyebut komentar sang presiden "rasis dan memuakkan".

Halaman
123
Penulis: Agustinus Sape
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved