Enam Ekor Komodo Dilepas di Pulau Ontoeloe Riung Kabupaten Ngada

Sebanyak enam ekor Komodo dilepas di Pulau Ontoeloe Taman Wisata Alam 17 Pulau Riung Kabupaten Ngada Flores-NTT, Senin (15/7/2019).

Enam Ekor Komodo Dilepas di Pulau Ontoeloe Riung Kabupaten Ngada
POS-KUPANG.COM/ GORDI DONOFAN
Suasana pelepasan enam ekor Komodo di Pulau Ontoeloe Kecamatan Riung Kabupaten Ngada, Senin (1572019). 

Enam Ekor Komodo Dilepas di Pulau Ontoeloe Riung Kabupaten Ngada

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Gordi Donofan

POS-KUPANG.COM | BAJAWA- Sebanyak enam ekor Komodo dilepas di Pulau Ontoeloe Taman Wisata Alam 17 Pulau Riung Kabupaten Ngada Flores-NTT, Senin (15/7/2019).

Direktur Konsevarsi Keanekaragaman Hayati KLHK,Drh. Indra Exploitasia pada kesempatan itu mengajak pemerintah dan seluruh masyarakat agar bersama-sama menjaga kekayaan alam yang ada.

Drh. Indra meminta agar masyarakat ikut membantu apabila menemukan pencuri/perusak kekayaan alam kita dan setelah itu melaporkan ke pihak yang berwajib untuk ditindaklanjuti sesuai Undang-Undang yang berlaku.

"Sebagai masyarakat yang peduli terhadap lingkungan dan kekayaan alam maka kita akan mendapat hasil yang baik," ujarnya seperti dikutip dalam siaran pers yang diterima POS KUPANG.COM dari Danpos AL Mbay, Pelda Suntoko.

Ia menjelaskan Pulau Ontoloe di Ngada dipilih karena berdasarkan hasil uji DNA yang dilakukan oleh LIPI, diketahui komodo spesies Varanus Komodoensis hampir sama dengan Komodo yang berada di Pulau Ontoeloe.

Pulau Ontoeloe masih merupakan kawasan Taman Wisata Alam 17 pulau Riung Kabupaten Ngada.

Pukul 11.00 Wita pelepasan Komodo ke Pulau Ontoeloe, pukul 11.50 Wita rombongan kembali dari Pulau Ontoeloe dan pukul 12.00 Wita kegiatan selesai dengan tertib dan aman.

Dukung Rencana Tutup Sementara Wisatawan ke Pulau Komodo, Pelaku Pariwisata Ini Minta Sosialisasi

VIDEO: Taman Nasional Komodo Dijadikan Destinasi Premium. Ini Kata Presiden Jokowi

Hadir dalam kegiatan tersebut Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati KLHK Drh. Indra Exploitasia, Direktur Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri Brigjen Pol Dr. Drs. H. Muhammad Fadil Imran, M.Si, Kepala BBKSDA Jatim, Dr. Nandang Prihadi S. Hut M SC.

Selain itu hadir pula Kepala BBKSDA NTT Ir. Timbul Batubara M. Si, Hakim pengadilan Negeri Surabaya, Ahmad Virsa Rudiansah, Dandim 1625/Ngada, Letkol Inf I Made Putra Suartawan, Sekda Kabupaten Ngada Theodosius Yosepus, S.sos, Kabag Ops Polres Ngada, AKP Evodius Nuka, Kapolsek Riung Gunter Meo, Camat Riung Alfian S. Sos, tokoh adat dan masyarakat Riung.(*)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved